SILAHKAN KONFIRMASI NOMER REKENING KE HP 081 336 777 011 - 085 259 717 000 - 085 736 297 000 ( Indosat )
          Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
          Saya sangat berterima kasih kepada Al Mukarram KH. Taufiqul Hakim atas penemuan metodenya tentang Program Pemula Mendalami Al Qur'an dan Kitab Kuning yang disebut AMTSILATI; karena dengan metodenya tersebut kami bisa lebih awal memberikan dan mengenalkan menu pemahaman tentang Gramatika Bahasa Arab pada anak didik sebagai bekal dasar memahami kitab - kitab klasik di atasnya. Selain itu dengan terbitnya Amtsilati dapat menggugah dan membangkitkan kembali gairah belajar ilmu alat atau Ilmu Nahwu.
          Dan sepantasnya bagi para santri dan guru ngaji untuk merespon atau mengapresiasikan metode tersebut. Karena menurut saya, secara esensial dan substansialnya tidak berbeda dengan ilmu alat klasik. "Wong yang dibahas cuma ISIM, FI'IL dan HURUF, kok ".
          Jika kita sebagai umat Muslim, terlebih kalangan santri kurang merespon atau tidak mau menggunakan metode tersebut , maka berarti tidak sesuai dengan slogan yang memang menjadi pegangan orang - orang Pesantren dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang telah ada.

          Dengan slogan tersebut sebetulkan kita dituntut untuk menjadi yang terdepan dan bersikap arif, tidak eksklusif dan apresiatif terhadap perkembangan yang terjadi, selama perkembangan tersebut termasuk dalam kategori Ashlah. Dan secara kasat mata, dengan Amtsilati anak akan lebih cepat mengenal pokok-pokok bahasan materi pada ilmu alat.
          Kalau masalah cara atau metode kita tidak perlu bersikap jumud / kultus atau mensakralkan metode yang ada. Coba kita renungkan, dulu di era 1980-an, Motor Super Cup adalah jenis sepeda motor tercepat dibanding dengan yang sebelumnya. Tapi sekarang sudah ada F1ZR, Sonic, Honda V-ixion dan lain-lain yang jauh lebih sempurna, tapi mengapa dengan metode pembelajaran kita harus Jumud ???
          Dulu sebelum muncul Ibnu Malik 'kan sudah ada Alfiah Ibnu Mukti yang termasuk salah seorang gurunya. Selanjutnya ada Imrity, Jurmiyah dan lain sebagainya. Walhasil, semua itu merupakan upaya pengembangan untuk memudahkan cara belajar bagi para pelajar. Kita 'kan harus ingat :
          Kalau menurut saya, 'Ma'af, ini pendapat saya' . "ORTODOKSI MASALAH MANHAJ ADALAH PENYEBAB UTAMA PUPUSNYA GHIRAH BELAJAR KITAB". Kita harus lihat kenyataan, betapa semakin pudarnya generasi kita yang hendak belajar Bahasa Arab terlebih Kitab Kuning yang menurut mereka terkesan sulit. Padahal bahasa Al Qur'an itu adalah bahasa yang amat mudah. Allah SWT juga telah menyatakan :
Berarti masih banyak cara mudah untuk kesana dan mungkin muncul sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.
          Kalau masalah barokah, manfa'at dan lain - lainnya, coba saja kita lihat atau mendengarkan langsung pendapat penulisnya, Yaitu KH. Taufiqul Hakim.
          Harapan saya, marilah kita jangan menolak / melawan perkembangan yang harus terjadi ini, akan tetapi mari kita manfaatkan perkembangan dan kemajuan tehnologi tersebut untuk dakwah islam dengan cara Multimedia. Kita harus ingat bahwa , " Anak - anak kita dilahirkan BUKAN pada zaman kita dilahirkan ".
          Demikian pendapat saya tentang Metode Amtsilati ini, jika bersinggungan pendapat mohon ma'af yang sebesar-besarnya. Hanya sekedar memanfaatkan kebebasan berpendapat.

          Wassalamu'alaikum, Wr.Wb.

Ust. Baihaqi
( Guru Amtsilati MTs At Taqwa Bondowoso )





58 komentar:

  1. Ada pengalaman tersendiri tentang Amtsilati ini. awalnya saya memondokkan anak di salah satu pesantren ternama di Jawa Timur. dengan pengalaman tentang ilmu nahwu yang sangat terbatas, maka pada saat tes masuk, anak saya tersebut diterima di kelas 3 Ibtida'. Berbekal pengalaman dari kakaknya, maka anak saya yang kedua ingin mempersiapkan diri terlebih dahulu setahun sebelumnya.Lalu saya arahkan untuk mengikuti program Amtsilati ini, dengan tujuan untuk memeberikan pengetahuan dasar dalam mempelajari ilmu nahwu yang nantinya diharapkan agar dia mulai memahami kitab-kitab kuning. Kira-kira satu tahun dia belajar Amtsilati. Dan akhirnya usahanya membuahkan hasil, tahun kemaren dia menyusul jejak kakaknya untuk mondok di pesantren tersebut. yang berbeda adalah pada saat mengikuti tes masuk. Anak saya yang kedua ini diterima di kelas 6 Idtida'. Saya sendiri sungguh kaget, lebih2 kakaknya yang kini sudah di kelas 4, dia lebih kaget lagi.
    Entah ini merupakan hasil dari jerih payahnya selama ini, atau ini merupakan barokah buat anak saya yang selama ini telah belajar Amtsilati. wallahu a'lam.
    Itulah sedikit dari pengalaman kami tentang Amtsilati. Semoga mulai sekarang dan selanjutnya, Amtsilati akan terus berkembang dan lebih berkembang lagi. Amin......

    BalasHapus
  2. assalamualaikum, Pak mohon maaf saya mau tanya saya sudah beli amsilati komplit dengan CD tetapi CD tidakbisa di buka bisa sering cara bukanya ga terimakasih, e-mail saya basiran_azka@yahoo.com, wasalamualaikum

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum Wr,Wb.

    Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog kami.
    Mengenai CD Amtsilati yang tidak bisa dibuka, perlu kami informasikan bahwa CD tersebut memang sengaja kami protect untuk menghindari pemalsuan dan pembajakan CD tanpa ijin. Adapun CD tersebut hanya bisa diputar pada CD/DVD player dan tidak bisa dibuka melalui CD/DVD room pada perangkat komputer.
    Namun, jika pada CD/DVD player juga tidak bisa diputar, maka kemungkinan CD tersebut memang cacat. Maka dengan itu Saudara bisa menghubungi distributor tempat Saudara membeli CD tersebut untuk ditukar dengan CD yang baru.
    Demikian penjelasan dari kami, semoga Amtsilati bisa membawa manfaat bagi kita semua.
    Amin....

    Wassalamu'alaikum Wr,Wb.


    (Jawaban senada sudah kami kirim via email)

    Koordinator Amtsilati Cabang Bondowoso

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, saya telah memesan dari palembang, setelah diterima & dicoba ternyata paket buku + VCD amtsilati cukup bagus, pengajaran di VCD juga mudah diikuti. semoga amtsilati nantinya lebih membawa manfaat bagi muslimin di Indonesia...

    Jazakumullah khairan...

    BalasHapus
  5. @Anonim
    Amin....
    Semoga Amtsilati membawa manfaat sesuai harapan Saudara serta harapan kita semua.

    BalasHapus
  6. Subhanalloh........
    Syukran ktsir untuk Bapak Taufiqul Hakim...
    Anak didik saya jadi lebih mudah belajarnya dng menggunakan kitab Amtsilati.

    BalasHapus
  7. Aslkm, kami mau pesan 3 set material amtsilati. mohon hubungi kami di miftachul.munir@gmail.com. terima Kasih.

    BalasHapus
  8. @Ainimalia Alhamdulillah, itu semata-mata karena hidayah Allah. Kami hanya mendampingi untuk memberikan metode. Semoga selanjutnya akan lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  9. @Anonim

    Email Sudah kirim. Mohon dicek. Fast Respons silahkan hubungi : 081 336 777 011 / 085 259 71 7000

    BalasHapus
  10. Terima kasih. paket pesanan saya sudah sampai. mohon maaf baru memberikan kabar.
    Kini saya sudah mulai belajar dengan metode ini.
    semoga Amtsilati akan memberikan banyak manfaat. Amin

    BalasHapus
  11. @Anonim
    Terima kasih kembali. Untuk yg transfer sebelum jam 12.00 maka paket akan dikirim pada hari tersebut juga agar kiriman cepat sampai.

    BalasHapus
  12. Saya di Bandung juga sudah menerima
    kiriman paket, mudah-mudahan bermanfaat
    selamanya, terima kasih

    BalasHapus
  13. Trma ksh atas Infonya,Amiiin.... semoga bermanfaat.selamat belajar

    BalasHapus
  14. Asslm ust. Ke Sabang 5 paket totalnya brp?
    ditunggu via email : dahlal_abidin@gmail.com

    BalasHapus
  15. wa'alaikumussaaalm..... mohon di kirim alamt lgkp atau kode posnya.slnjutnya krm nama dan alamt lgkp via sms.trm

    BalasHapus
  16. terima kasih pak kiai taufiqul hakim yang telah menyusun amtsilaty sehingga saya lebih mudah belajar qoidah bahasa arab

    BalasHapus
  17. Terima kasih juga,Amiin...... semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  18. saya mau pesan,saya ada di daerah surabaya.gmna caranya

    BalasHapus
  19. Mas Syahrul.......... untuk Pesanan bsa via sms/call ke 081336777011,085259717000,0331-4160004.ongkir bsa d jga cek sendiri d www.posindonesia.co.id plh tarif krman dlm negeri.paket akan d kirim setelah transfer di nyatakan valid.Trm

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum, wr wb.

    Kepada Koordinator Amtsilati Bondowoso, Saya ucapkan Terima kasih atas kerjasamanya selama ini.
    Saya adalah pengasuh Pesantren Al Futtuhat yang beralamatkan di Kec. Leces - Jawa Barat.
    Awalnya, pesantren saya ini diasuh oleh almarhum orang tua saya. Sejak beliau wafat 15 tahun lalu, saya masih berusia 15 tahun; yang saat itu belum mampu untuk meneruskan perjuangan beliau. Saya adalah anak sulung dari 7 bersaudara.
    Singkatnya, pesantren ini mengalami 'mati suri'/vakum setelah ayahanda wafat.
    Namun, setelah 15 tahun berlalu, saya mengenal metode Amtsilati ini. dan Alhamdulillah, mungkin ini memang merupakan sebuah petunjuk dari Allah, sejak saya mulai menerapkan metode Amtsilati ini, pesantren ini perlahan mulai bangkit dan gairah belajar yang sempat padam kini mulai kembali berkobar.
    Kini kami sudah mempunyai 30 santri anak-anak dan 50 santri remaja.
    Sekali lagi saya sangat bersyukur kepada Allah, karena 'mungkin' dengan perantara Amtsilati ini, saya bisa kembali membangun pesantren yang pernah vakum selama 15 tahun ini.
    untuk Ust. Mahfudz Rozy, saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan bantuannya selama ini. Semoga Allah yang membalas semua kebaikan Saudara.
    Mohon maaf apabila ada salah2 kata dalam penyampaian semua ini. Semoga Allah menjadikan Amtsilati lebih berkembang.
    Amin....

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    H. Ahmad Syatibi (Den Haji)
    ( Al Futtuhat - Jawa Barat )

    BalasHapus
  21. Wa'alaikumussalam..... Wr.Wb.
    Saya juga mengucapakan terima kasih atas terlaksananya PROGRAM AMTSILATI di pesantren Bapak,semoga apa yang kita berikan dapat memberikan BARAKAH DAN MANFAAT bagi anak didik dan masyarakat,semoga pula pendidikan pesantren yang di asuh Bapak semakin berkembang serta selalu bersamaan Ridha dan Ma'unah Allah S.W.T.Amiiin

    BalasHapus
  22. assalamualaikum wr.wb

    saya bener2 bertrima kasih, berkat pembelajaran amtsilati ternyata bkan hanya mempermudah dlam pembeljaran itu, tpi di semua pelajaran yg saya pelajari cepat dipahami...
    semga kitab karangan kyai haji taufiqul hakim dapat menjadi acuan smangat untk jiwa muda islam dlam mmpelajri ilmu agama. aminn

    BalasHapus
  23. Terima Kasih juga sampaikan Kepada saudara Abdika yang telah mempelajari metode Amtsilati,semoga Ilmu2 yang saudara pelajari bermanfaat,barakah dan semakin berkembang.Amiin....

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum, wr wb.

    Alhamdulillah... akhirnya saya bertemu dengan blog ini.... dahulu dulu saya coba menelusuri Amtsiladi di dunia maya dengan harapan bisa mengenal metode serta menerapkannya. Ternyata pertama kali yang saya dapat adalah http://amtsilati.blogspot.com.

    Kanapa saya mencarinya di dunia maya? karena saya orangnya kurang gaul, jdi teman n kenalan tidak begitu banyak, apalagi yang tahu tentang Amtsilati. Mau ke Jepara, jauh sekali... biaya juga tidak mendukung. So, terpaksa coba cari di-net.

    Saya sangat senang sekali dengan adanya blog http://www.amtsilati.co.cc. Seperti apa yg saya harapkan.

    Ternyata harga Amtsilati murah. saya sangat senang.

    Tinggal saya harus mengumpulkan biaya agar bisa memperolehnya.... Syukron Ustadz... smoga Alloh mempermudah rizqi saya untuk bisa membelinya.


    Wassalamu'alaikum,,


    Achmad,
    Surabaya

    BalasHapus
  25. Wa'alaikumussalaam.....,Alhamdulillah blog ini dpt sedikit membantu atas apa yag saudara Ahmad cari,semoga Informasi blog ini bisa memberikan kemanfa'atan dan pengertian paling tidak terhadap metode Amtsilati ini.harapan saya semoga apa yang kita lakukan selalu mendapat Ridha Allah.Amiin....

    BalasHapus
  26. Assalamu "alaikum...! saya awam dlm hal ilmu nahwu, hanya pernah sampai jurmiah saja tdk khatam, sekiranya ingin belajar amtsilatinya di jepara, bgmna prosedurnya....Insya Allah sy berencana mengembangkannya untuk daerah wonogiri yg notabene msh minim pemahaman islamnya, msh islam abangan, masjid2 hampir rata2 kosong, d pake hanya untuk jumatan pun tak da 40 orang..., dan kebetulan kita msh merintis tpq/madrasah... mohon info selengkap2nya..Wassalam..!

    BalasHapus
  27. Wa'alaikumussalam......... terima kasih atas semangat belajarnya demi nasyrul-'ilmi untuk agama Allah.prosedur nyantri k jepara ( pusat Amtsilati ) bsa antum klik d www.amtsilati.com menu brosur.semoga bermanfaat

    BalasHapus
  28. assalamu'alaikum wr.wb

    saya bersyukur prnah mengikuti pelatihan amtsilati bersama KH. TAUFIKUL HAKIM mskipun hanya sebentar dan saya ucapkan terima kasih kepada beliau. sya ingin bercerita sedikit tentang pelatihan waktu tu.

    awalnya saya memang tertarik dan sudah lama sekali ingin mengikuti dan mencari pelatihan amtsilati. sya pun berusaha mmencari kitab2 amtsilati di toko2 buku, tapi memang tidak ada. akhirnya tibalah saatnya pelatihan amtsilati itu diadakan oleh mahasiswa UIN JAKARTA. sya antusias sekali dan tanya pelatihan ini durasinya berapa lama? sya pkir seharian full,ternyata panitia bilang hanya 6 jam. ok lah sya pkir ga papa,lumayan.yang pntg bsa faham.toh nti dpt kitab & CD totorial.
    ketika acr mulae ternyata pelarihan tdk smpai 2 jam atau kurang lebih 1 stgh jam.sya pun smpat kaget,maklum lg asyik'a menikmati pelatihan. udh gtu CD YG SYA terima satunya kosong.sangat saya sayangkan sekali,sya pikir panitia pun dapat menggantinya.tapi ternyata sampai sekarang belum jelas kabarnya.mhon untuk kasus sya ini agar di tanggapi dan kepada siapa sya harus minta ganti.atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam......

      saya ucapakan terima kasih atas komentar anda di kolom yang sudah saya sediakan.setelah saya baca apa yang anda sampaikan di kolom ini saya pribadi hanya menyayangkan atas pelatihan tersebut jika tidak sesuai dengan schedule yang mungkin di sediakan oleh panitia.saya juga kurang tahu apa panitia sudah menyampaikan atau meminta berapa lama waktu yang di ininginkan oleh audien.menurut yang saya alami panitia menyampaikan kepada pembawa materi tersebut yang selanjutnya akan di bagi beberapa season sehingga materi tersebut sesuai schedule bahkan ada pelatihan soal jawab jika dengan tes tulis,kisi2,silabus dan contoh2 yang lain jika hal ini memang di perlukan.untuk VCD kosong atau rusak apalagi memang kurang 1 disc dan semacamnya sebaiknya anda menghubungi panitia yang selanjutnya panitia menyampaikan ke Pusat Amtsilati Insya Allah akan di ganti.semoga tanggapan atas komentar anda ini bisa di fahami.trm

      Hapus
  29. Kepada Semua Pemesan Amtsilati mohon kirim nama dan alamat lengkap dan no hp yang bisa di hubungi untuk lebih memudahkan petugas pengantar paket.trm

    BalasHapus
  30. Amtsilati,, banyak kaidah – kaidahnya yang dan tidak bisa diterima dan tidak benar menurut kaidah Nahwu,,, amtsilat memerlukan banyak revisi…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima atas komentar anda,
      namun apabila anda menemukan yang dimaksud ( kaida - kaidah dll )mohon disebutkan bab - babnya atau halamannya Insya Allah akan lebih baik dan akan memudahkan pengoreksiannya. Silahkan disampaikan via e-mail:amtsilati.online@gmail.com atau via facebook : www.amtsilati.com/amtsilati.
      Insya Allah apa yang akan Saudara sampaikan akan menjadi perhatian kami guna perbaikan amtsilati kedepan.
      Karena kami sadar, kesempurnaan hanya milik Allah semata.

      Hapus
  31. kalo disitubondo daerah besuki,da g distributor cd/dvd amtsilati dan berapa harganya?

    BalasHapus
  32. Ma'af untuk daerah tersebut saya tidak tahu.harganya juga masih tidak ada ketentuan sehubungan VCD tutorial menurut informasi yang saya terima masih dalam revisi dan belum beredar.trm

    BalasHapus
  33. terimaksih infonya. trus q mau nanya nich ust. kenpa tanda-tanda isim kog dibahas pada bab 2..?sedangkan pada bab 1 dibhas isim isyaroh,isim maushul,kalo blum tau tanda2 isim,isim itu apa, gmn mau ngebahas tentang isim isyarah dan isim maushul?

    BalasHapus
  34. terimaksih infonya. trus q mau nanya nich ust. kenpa tanda-tanda isim kog dibahas pada bab 2..?sedangkan pada bab 1 dibhas isim isyaroh,isim maushul,kalo blum tau tanda2 isim,isim itu apa, gmn mau ngebahas tentang isim isyarah dan isim maushul?

    BalasHapus
  35. Balasan
    1. sebelumnya mohon ma'af apabila jawaban ini tidak memuaskan.pertama mungkin juga menyesuaikan yang ada d nadham Alfiyah,kedua semua isim yang saudara maksud adalah MUNGKIN termasuk ISIM MABNI dan jika benar maka mungkin juga isim tersebut tidak perlu ciri2/tanda2.perlu juga saudara ketahui mungkin dan sekali lagi mungkin isim yang saudara maksud hanya itu jumlahnya jadi sangat mudah mudah,tidak sebagaimana ISIM MU'ROB yang banyak sekali macam2nya sehingga perlu mengetahui ciri2nya.sekali lagi mohon ma'af apabila salah dan tidak memuaskan.akhirnya saya sangat berterima kasih atas komentarnya dan saya menghargai yang setingginya.Jazaaakumullah AAAmiiin......

      Hapus
  36. ada silabus dan RPP UNTUK AMTSILATI..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Silabus dan RPP materi amtsilati ada.

      Hapus
  37. assalaamu'alaikum,, bolehkah memesan paket amtsilatinya satu paket saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam...... Boleh saja terserah pemesan,silahkan klik menu pemesanan isi form dengan jelas dan lengkap.trm atas kunjungannya

      Hapus
  38. terimakasih ustadz,, kitabnya sudah sampai dikirim kealamat saya dijakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali...... yg atas nama KAK WAHYU?SEMOGA MANFA'AT

      Hapus
  39. Asalam. ustad ana Tinggal di Kairo Egypt. Saya hendak memesan kitab Amstilati lengkap dengan CD untuk tujuan mengkajinya. Bagaimana Mekanismenya dan berapa biaya semuanya? ini no Hp +201124177125 / facebook : amireasyarie@yahoo.com saya mohon konfirmasi secepatnya. trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam..... silahkan isi form d menu pemesanan nant setelah stok ready akn sy knfirmasi plus ongkirnya,slhkn share facebook.com/koorcabamtsilati.bondowosojatim.trm ksh

      Hapus
  40. Assalamualaikum Wr.Wb
    subhanallah amtsilati pondok yang luar biasa mudah mudahan ini awal kebaikan untuk saya agar bisa lebih mendalam untuk bisa mengenal, memahami dan menguasai ilmu alat, saya tahu pondok ini baru semalam, kebetulan saya menjadi petugas haji Indonesia, dan ada seorang jama'ah haji Indo yang tanazul tapi bermasalah di tiket nya sehingga terpaksa harus di tahan di kantor madinatul hujaj di yanpul jeddah, beliau berasal dari bogor, kami ngobrol panjang lebar, dan saya nanya saya mau belajar ilmu alat lebih dalam adakah di indonesia yang sperti itu, beliau menunjukan pondok amtsilati dengan asal daerah nya saya pun langsung searching di google, dan alhamdulillah ketemu, mudah mudhan ini adalah jawabn atas do'a saya selama ini, saya tidak mau membeli buku via jarak jauh akan tetapi saya mau belajar langsung dengan syaikhunal KH taufiqhul hakim,,, saya asal serang banten, bagaimanakah proses pendaftarannya, dan usia saya 26 tahun apa amtsilati masih mau menerima saya yang sudah ber umur tapi pengen mendalami ilmu alat disana, mohon info dan petunjuknya, mohon kirim info ke email : bakronilatar@yahoo.co.id jazakumullah khoir

    BalasHapus
  41. Assalamu alaikum,
    Brp harga 1 paket metode amtsilati ut dikirim ke kec. Simboro Kab. Mamuju Prov. Sulawesi Barat
    Wassalam, Misbahuddin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan isi form d menu pemesanan atau sms ke 081 336 777 011,085 259 717 000 call 0331-4160004.Trm

      Hapus
  42. assalamu'alaikum,
    mau tanya, apakah VCD untuk amtsilati, sudah ada, berapa harga kitab amtsilati dengan VCD tersebut, sebelumnya terima kasih... wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. Wa'alaikumussalaaam..........
      Mohon ma'af untu saat ini kebetulan VCD masih kosong slhkn tunggu ata update d FB.harga bisa anda chek di web ini info lengkap hubungi no tlp/hp yang sudah ada di bagian web ini.trm

      Hapus
  43. kalo di daerah bekasi/ jabotabek bisa mendapatkan amtsilati terdekat dimana? kalo mau jadi agen prosedurnya gimana? mohon informasinya.... jazakumulloh ahsanal jaza'

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Maaf mau tanya bagaimana cara pendaftaran santri baru di AMSILATI, mohon kirimi brosurnya lewat email
    bang.nash@yahoo.co.id

    BalasHapus
  45. assalamu'alaikum wr.wb
    Maaf mau tanya kapan dimulai pendaftaran santri baru dan syaratnya apa saja trm

    BalasHapus
  46. Asalamualaikum, Ust, saya Mau Minta nomor Contac Untuk informasi pendaftaran Santri Baru dan Brosur nya, terima kasih Waslmualaikm wr wr
    Tolong Kirim kan Lewat E-Mail
    achmadjalal67@yahoo.com

    BalasHapus

Komentar Anda juga bisa dikirimkan langsung via email : amtsilati.online@gmail.com