BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Selamat memperingati nuzulul quran bulan suci romadhan 1445 H. Pondok Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Selasa, 15 Februari 2022

Biografi Penemu dan Penyusun Metode Amtsilati K.H. TAUFIQUL HAKIM

BIOGRAFI PENEMU DAN PENYUSUN METODE AMTSILATI

Alhamdulillah dengan rahmat dan nikmat Allah serta dengan syafa’at baginda nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam tersusunlah sebuah metode cepat praktis dan mudah dalam memahami Alquran dan kitab kuning yaitu “ METODE AMTSILATI”.

Metode ini sudah banyak membantu khususnya bagi para pelajar baik di kampung – kampung, musholla, sekolah formal, madrasah diniyah bahkan tak sedikit pondok pesantren yang telah menggunakan metode amtsilati ini. Banyak pula lembaga yang menjadikan metode amtsialti ini sebagai program unggulan.

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati, Amtsilati Jilid 1 2020, Amtsilati Jilid 1, Amtsilati Jilid 2, Amtsilati Jilid 3, Amtsilati Jilid 4, Amtsilati Jilid 5.

Bukunya sudah direvisi, untuk yang sedang digunakan sekarang adalah EDISI BARU yang terdiri dari 10 ( sepuluh buku ). Yang menjadi materi adalah mulai jilid 1 ( satu ) sampai jilid 5 ( lima ), khulashoh ( dasar/bait ), tatimmah 1 ( satu ), tatimmah 2 ( dua ), rumus dan qoidah ( rangkuman materi jilid 1 ( satu ) hingga jilid 5 ( lima ), shorfiyah yang dilengkapi dengan pembahasan I’lal.

Buku jilid 1 ( satu ) terdapat 4 ( empat ) pembahasan atau 4 ( empat ) bab. Bab satu pengenalan huruf – huruf jar kemabnian serta pengaruhnya, baik pada satu kata dan pada gabungan dua kata atau lebih. dalam bab dua jillid satu materinya penjelasan dlomir dan pembagiannya, serta kemabniannya. Selanjutnya bab tiga jilid satu mengenalkan isim isyaroh untuk mudzakkar dan untuk muannats, mufrod, mutsanna, jamak serta kemabniannya.  jilid satu bab empat ( terakhir dalam jilid satu ) memperkenalkan isim maushul ( kata penghubung ) yang digunakan untuk mudzakkar dan yang digunakan untuk muannats, dalam mufrod, mutsanna, jamak serta kemabniannya. dengan ini dapat kita ketahui juga bahwa materi jilid satu semua berhukum mabni, mulai dari huruf jar, isim dlamir, isim isyaroh, isim maushul.

Foto: Aliyatul hasanah ( Putri penulis artikel ini ) sedang membaca kitab safinatunnaja di hadapan K.H. TAUFIQUL HAKIM ( Penemu dan penyusun metode amtsilati ) saat berkunjung ke kab. Bondowoso Jawa Timur.

Pembahasan dari masing – masing jilid insya-Allah akan saya tulis pada artikel yang lain. Baiklah sebelum masuk pada pembahsasan berikutnya, sangat baik sekali kita mengetahui penemu dan penyusun metode amtsilati ini, agar kita dapat dengan mudah menyambungkan sanad keilmuan kepada beliau. Setidaknya dapat mengirimkan hadlarah fatihah kepada beliau dan keluarganya.

 Metode amtsilati ini ditemukan dan disusun oleh K.H. Taufiqul Hakim yang saat ini telah membangun sekaligus menjadi pengasuh pertama pondok pesantren DARUL FALAH bangsri jepara jawa tengah.

Biografi penemu dan penyusun metode amtsilati

 

Nama                       : K.H. Taufiqul Hakim

Tempa/tanggal lair : Jepara, 07 juni 1975

Ayah                        : H. Supar

Ibu                           : Hj. Aminah

 

Saudara:

1. H. Slamet ( buru )

2. Sukadi ( penjahit )

3. H. Jayadi ( tukang kayu )

4. Ngatrinah ( bakul )

5, Hj. Turinah ( wiraswasta )

6. H. Rabani ( tukang kayu )

7. K.H. Taufiqul Hakim ( penemu/penyusun Amtsilati )

 

Pendidikan:

1. TK Lestari Bangsri ( 1981 )

2. SDN 3/7Bangsri ( 1987 )

3.  MTs. Wahid Hasyim Bangsri ( 1990 )

4. Diniyah Wustha Mathali’ul Falah ( PIM Kajen Pati ) ( 1992 )

5. Aliyah Mathali’ul Falah ( 1995 )

6. Pesantren Al-Manshur Popongan Klaten Jawa Tengah ( 100 hari )

 

 

Istri      

Nama      : Hj. Faizatul Mahsunah

Putra – putri:

1. Muhammad Rifqi Al-Mubarok 29 September 1998

2. Akmila Azka Ni’mah 07 Februari 2006

3. Muhammad Dzikri Arrohman 05 Juli 2010

Semuga keluarga kita, anak kita, saudara kita, tetangga kita, murid/santri dan sahabat kita mendapatkan barokahnya para ulama, pengarang kitab serta penyusun kitab. Memperoleh ilmu yang manfaat dan menjadi orang yang husnul khotimah. Aaamiin

 

Artikel terkait:

Petunjuk mempelajari metode amtsilati

Cara belajar metode amtsilati


*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *