GIAT BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

PARA SANTRI KAMI UCAPKAN SELAMAT KEMBALI KE PESANTREN, SEMOGA ILMUNYA MANFAAT DAN BAROKAH. BELAJAR AMTSILATI VIA ONLINE/OFFLINE HUB. +62852 5971 7000

Wazan - wazan isim maf'ul ( اسم مفعول ) penerapan rumus A2 ( Amtsilati Jilid 2 )

Bondowoso, Amtsilati.com

AMTSILATI JILID 2

BAB IV

WAZAN – WAZAN ISIM MAF’UL

Alhamdulilah kita sudah selesai membahas wazan – wazan isim fail beserta mengurai dari semua contohnya dari masing – masing wazan. berikutnya mari kita bersama mengenali wazan – wazan isim maf’ul agar agar adapat lebih mudah dalam menentukan dan menghafalkannya.

Namun sebelum melanjutkan pembahasan wazan dalam bab ini kami akan menulis apa alasannya mengenali wazan – wazan ini dahulu sebelum mengenali madlinya. alasan ini kami tulis dalam model Tanya jawab.

Perlu kita ketahui kembali bahwa di dalam metode amtsilati cara belajarny menggunakan istilah rumus. ada rumus utama, rumus A1, rumus A2, rumus A3. rumus A1, A2, A3 dignakan dalam menentukan isim dan semua jenisnya. rumus – rumus ini digunakan mulai jilid dua hingga jilid 3.

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati, Amtsilati Jilid 1 2020, Amtsilati Jilid 1, Amtsilati Jilid 2, Amtsilati Jilid 3, Amtsilati Jilid 4, Amtsilati Jilid 5.

 

Selain di atas ada juga rumus B1, B2, B3 istilah rumus in digunakan dalam menentukan fiil dan semua jenisnya. tujuan menggunakan rumus agar lebih mudah dalam belajarnya serta menghafalkannya begitu di dalam menentukannya. rumus B1, B2, B3 digunakan mulai jilid 4 hingga jilid 5.

Kami akan memulai pertanyaan dalam susunan materi metode amtsilati ini semampu kami dalam memahaminya.

Kenapa pembahasan wazan – wazan isim fail, isim maf’ul dan mashdar lebih awal dari mengenali madlinya ?

Karena semua itu adalah kalimat isim, sebagaimana dalam metode amtsilati yang terdiri dari lima jilid dengan secara sistematis, ber-urutan dengan menggunakan istilah rumus serta menjelasakannya sesuai dengan rumus yang ada.

dimulai dari jilid dua dengan mengenalkan isim dan semua jenisnya hingga jilid tiga masing tentang isim.  jadi pengguna metode amtsilati yang rata- rata adalah pemula dalam belajar ilmu nahwu difokuskan pada satu bab dahulu.

Foto: Santri yayasan pendidikan dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. ( Pembina penulis artikel )

Apa isinya jilid satu dan apa tujuannya ?

Jilid satu mengenali huruf- huruf jer, isim dlomir, isim isyaroh, isim maushul yang semuanya ini merupakan bahan dalam menentukan isim dan semua jenisnya.

Kapan pengenalan fiil madli, mudlori dan amar ?

Metode amtsilati adalah dengan secara sistematis dalam menjelaskan ilmu nahwu yang sasarannya adalah pemula. dalam hal pembelajaran ini maka dikenalkan dahulu isim – ism, lalu dilanjutkan pengenalan fi’il dan semu jenisnya mulai jilid 4 hingga jilid 5.

Apa isi rumus utama ?

Rumus utama adalah untuk membedakan kata / lafadz yang dimaksud. apabila yang ditemui ada tanda isim bersrti kata tersebut adalah isim. jika demikian maka rumus berikutnya yang digunakan A1, A2, A3. sebagaimana dalam tulisan artikel ini adalah merupakan lanjutan dari rumus utama, A1, A2.

Rumus A2 adalah menentukan wazan seperti wazan – azan isim fail, isim maful dan mashdar. dimulai dari wazan isim fail yang sudah kami tulis sebelumnya.

Apa saja wazan – wazan isim maful ?

Wazan – wazan isim maful adalah:

مَفْعُوْلٌ، مُفْعَلٌ، مُفَعَّلٌ، مُفَاعَلٌ، مُفْتَعَلٌ، مُنْفَعَلٌ، مُتَفَعَّلٌ، مُتَفَاعَلٌ، مُسْتَفْعَلٌ

Bagaiamana caranya dalam menentukan wazan tersebut ?

Baiklah, selain mengenali wazan – wazan ini harus juga tahu huruf – huruf tambahan.

Apa saja yang dimaksud huruf – huruf tambahan tersebut ?

Yang dimaksud huruf – huruf tambahan dalam bab wazan ini adalah:

اَلْـ، انِ، يْنِ، وْنَ، يْنَ،اتٌ،اتٍ، ةً، ةٍ، ةٌ

Nah apabila lafadz yang akan kita tentukan ikut wazan apa saja, maka huruf – huruf tmabahan ini tidak dihitung agar mudah dalam menyesuaikannya pada wazan. cocokkah atau tidak dengan wazan yang dimaksud.

Sekian artikel kali ini, dan insya-Allah  pembahasan masing – masing wazan beserta uraiannya pada artikel berikutnya.

Semoga dapat mendampingi para pemula dalam memepelajari ilum nahwu dengan menggunakan metode amtsilati ini, semoga bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

Artikel terkait:

Tanda – tanda isim

Jamak mudzakkar salim

Jamak muannats salim

Jamak taksir

Isim fa’il faa’ilun

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *