BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

MOHON BANTUAN ANDA UNTUK PEMBANGUNAN MUSHOLLA DAN ASRAMA SANTRI DARUL KHIDMAH BEDDIAN JAMBESARI BONDOWOSO JAWA TIMUR. BISA VIA REK BANK SYARIAH INDONESIA ( BSI ) NO REK: 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY. KONFRM INFAQ ( SPASI ) NAMA ( SPASI ) NOMINAL ( SPASI ) ALAMAT. KIRIM KE 0852 5971 7000. TERIMA KASIH

Selasa, 15 Februari 2022

Petunjuk belajar metode amtsilati

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين و اله وصحبه اجمعين، ولا حول ولاقوة إلا بالله العليّ العظيم.

PETUNJUK MEMPELAJARI AMTSILATI

Petunjuk ini saya ambil di buku amtsilati yang memang ada di halaman pertama masing – masing jilid, dengan petunjuk ini diharapkan agar para santri/murid/pengguna dapat belajar dengan mudah, lancar, mendapatkan ilmu yang barokah dan bermanfaat. Aaamiin

·        Sebelum belajar diawali dengan membaca hadlarah ( Alfatihah ) untuk penyusun dan orang – orang yang membantu menyebarkan metode ini.  

Contoh:

إِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وَاَصْحَابِهِ واَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَاَهْلَ بَيْتِهِ وَالْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَـدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالْعُلَمَاءِ وَالْمُصَنِّفِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَبِيْنَ وَخُصُوْصًا إِلَى حَضَرَةِ مُؤَلِّفِ هَذَالْكِتَابِ وَاَهْلِ بَيْتِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَمَنْ يُعَاوِنُ عَلَى نَشْرِ هَذَالْكِتَابِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

·         Guru membacakan judul, kemudian membacakan contoh permasalahan yang ada tanda          , serta memberikan keterangan secukupnya.

·         Anak bersama – sama membaca contoh ayat 2 x, bacaan pertama lengkap tanpa waqof sesuai dengan nahwu, bacaan kedua diwaqofkan sesuai tajwid.

·      Anak mengulangi keterangan yang ada di bawahnyadan membaca dasar baitnya dengan melihat pada khulashoh ( jika belum hafal )

·         Membaca contoh ayat urut ke bawah ( baris ada batas tengah )

·         Titik – titik yang ada setelah materi jangan diisi dengan tulisan akan tetapi diisi dengan lisan

·         Apabila pembelajaran akan selesai, maka hafalkan rumus dan qoidah sesuai dengan materi yang sudah diajarkan ( kondisional )

·         Sebelum pembelajaran dimulai bacalah rumus sesuai dengan durasi yang akan digunakan

·         Untuk mengetahui kwalitas/kemampuan anak, maka guru atau pembina memberikan latihan baik dengan cara tugas di rumah atau dengan cara lain.

·         Menghafal kosa kata lebih baik apabila apabila anak – anak mampu menghafalkannya.

Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Pembina penulis artikel ini ). santri sedang antri setoran hafalan khulashoh

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati, Amtsilati Jilid 1 2020, Amtsilati Jilid 1, Amtsilati Jilid 2, Amtsilati Jilid 3, Amtsilati Jilid 4, Amtsilati jilid 5 .

Pada materi jilid satu terdapat 4 ( empat ) bab pembahasan yang hukumnya mabni semuanya.

Bab 1 ( satu ) menerangkan

Huruf jar:

- Rincian huruf jar

- Kemabnian huruf jar

- Pengaruh huruf jar baik pada satu kata atau gabungan dua kata

 

Bab dua 2 ( dua )

Isim dlomir:

- Pembagian dlomir

- Kemabnian dlomir

- Perubahan dlomir

- Huruf jar li dibaca la

 

Bab 3 ( tiga )

Isim isyarah:

- Kemabnian isim isyarah

- Penerapan isim isyarah

 

Bab 4 ( empat )

Isim maushul:

- Kemabnian isim maushul

- Shilah maushul

- Bentuk shilah

- Macam – macam isim maushul 

Insya-Alla dari masing – masing bab di atas akan dibahas secara berurutan sesuai dengan pokok pembahasan yang ada serta akan dilengkapi dengan contoh uraian agar para pemula yang belajar ilmu nahwu dengan menggunakan metode amtsilati dapat lebih mudah dalam memahaminya serta lebih mudah dalam menghafalkannya. 

Akhirnya semuga tulisan ini bermanfaat, diberi kelancaran dalam belajar, memperoleh ilmu yang bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *