GIAT BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

PARA SANTRI KAMI UCAPKAN SELAMAT KEMBALI KE PESANTREN, SEMOGA ILMUNYA MANFAAT DAN BAROKAH. BELAJAR AMTSILATI VIA ONLINE/OFFLINE HUB. +62852 5971 7000

Cara belajar metode amtsilati mulai dari jilid 1

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين و اله وصحبه اجمعين، ولا حول ولاقوة إلا بالله العليّ العظيم.

CARA BELAJAR METODE AMTSILATI

Awali dalam belajar dan mengajar dengan membaca hadloroh

Contoh:

إِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وَاَصْحَابِهِ واَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَاَهْلَ بَيْتِهِ وَالْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَـدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالْعُلَمَاءِ وَالْمُصَنِّفِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَبِيْنَ وَخُصُوْصًا إِلَى حَضَرَةِ مُؤَلِّفِ هَذَالْكِتَابِ وَاَهْلِ بَيْتِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَمَنْ يُعَاوِنُ عَلَى نَشْرِ هَذَالْكِتَابِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Amtsilati adalah sebuah metode cepat, praktis dan mudah memahami Al-Quran dan kitab kuning. materi di dalamnya sama persis dengan ilmu nahwu pada umumnya, metode ini sangat cocok bagi pemula baik pemula dewasa atau pemula tingkat anak - anak dengan catatan sudah lancar baca Al-Quran akan lebih baik lagi bagi anak yang sudah lancar baca tulisan pego ( untuk membaca makna/arti, keterangan ).

Berikut ini saya akan menyampaikan bagaimana cara belajar metode amtsilati sesuai kemampuan saya dan pengalaman saya yang serba terbatas. belajar nahwu dengan menggunakan metode amtsilati ini sebagaimana yang sudah saya praktikkan baik bagi pemula dewasa atau anak – anak hendaknya dimulai dari awal walaupun rasanya sangat mudah, sebab pembahasannya selalu berkaitan mulai dari awal jilid 1 ( satu ) hingga jilid 5 ( lima ).

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati

Amtsilati Jilid 1 2020

Amtsilati Jilid 1

Amtsilati Jilid 2

Amtsilati Jilid 3

Amtsilati Jilid 4

Amtsilati jilid 5

Nah dalam menyampaikan materi amtsilati ini pembina atau instruktur sama dengan pemberian ilmu yang lain, yaitu tetap dibutuhkan aktif, kreatif, inovatif, menyenagkan. atau kalau boleh saya istilahkan AKOMUDIS ( Aktif, komunkatif, dialogis ) untuk menambah mudah dalam memahaminya dan merangsang semangat peserta, apalagi dalam materi awal ( jilid satu ) sebab yang dibahas hanya memperkenalkan huruf jar dan pengaruhnya. tentunya instruktur  dapat membaca kemampuan peserta, baik itu diketahui dengan memberikan beberapa pertanyaan atau dengan lainnya.

Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jmabesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Binaan penulis )

Pemberian materi untuk anak – anak yang memang sama sekali belum mengenal nahwu, materi jilid satu harus dikenalkan betul dengan memperbanyak contoh, pertanyaan atau dengan tulisan. hal ini tetap kembali pada kemampuan anak. Jadi kalau sudah faham maka setidaknya tidak banyak mengulang, sebab akan mengakibatkan jenuh. begitu pula tidak menaikkan jilid apabila anak masih belum faham, karena akan menjadi beban baginya.

Bagi pemula tingkat dewasa materi jilid satu contoh tidak harus dibaca semuanya dengan secara urut, cukup memberikan kesimpulan huruf – huruf jar dan pengaruh dengan menggunakan beberapa contoh saja ( sesuai kemapuan ), karena materi jilid satu mulai dari halaman nomor 1 sampai halaman nomor 9 sama ( memperkenalkan huruf jar dan kemabniannya ).

Sekian dulu cara belajar metode amtsilati ini, semuga dapat menambah pengetahuan bagi yang sedang membutuhkan, walaupun hanya sebagai gambaran saja untuk lebih kreatif lagi dengan tanpa harus mengikuti seperti apa yang saya sampaikan ini. Mohon ma’af atas segala kesalahan, semuga selalu diberi kesempatan belajar dan mengajar. materi insya-Allah akan dilanjutkan pada tulisan berikutnya. Semuga bermanfaat. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *