بسم الله الرحمن
الرحيم
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين
على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين و اله وصحبه
اجمعين، ولا حول ولاقوة إلا بالله العليّ العظيم.
إِلَى
حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَاَلِهِ وَاَصْحَابِهِ واَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَاَهْلَ بَيْتِهِ
وَالْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَـدَاءِ
وَالصَّالِحِيْنَ وَالْعُلَمَاءِ وَالْمُصَنِّفِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ
الْمُقَرَبِيْنَ وَخُصُوْصًا إِلَى حَضَرَةِ مُؤَلِّفِ هَذَالْكِتَابِ وَاَهْلِ
بَيْتِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ وَمَنْ يُعَاوِنُ عَلَى نَشْرِ هَذَالْكِتَابِ لَهُمُ
الْفَاتِحَةُ
Masih di
dalam materi amtsilati jilid satu bab II, pembahasan dlomir muttashil. pada
halaman 30 sampai 32 terdapat beberapa pemabahasan:
Huruf jar لِ apabila bergandeng dlomir muttashil selain ya’ mutakallim maka dibaca لَ ( fathah ), namun jika bergandeng ya’ dlomir mutakallim tetap dibaca kasroh. contoh
لِ + ہُ = لَهُ، لِ + هُمْ = لَهُمْ، لِ + يْ = لِيْ
Dasarnya
وَلاَمَ جَرٍّ فَافْتَحَنْ إِنْ يَتَّصِلْ #
بِهَا ضَمِيْرٌ غَيْرُ يَاءٍ مُتَّصِلْ
Lam jar jika bertemu dlomir
muttashil # selain ya’ dibaca fathah tak musykil
Huruf
jar مِنْ، عَنْ
jika gandeng dengan ya’ dlomir mutakallim, maka harus diberi nun wiqoyah
Contoh:
مِنْ + نٍ + يْ = مِنِّيْ، عَنْ + نِ + يْ = عَنِّيْ .
Dasarnya
فِي الْبَاقِيَاتِ وَاضْطِرِارٍ خَفَّفَا # مِنِّيْ
وَعَنِّيْ بَعْضُ مَنْ قَدْ سَلَفَ
مِنْ yang gandeng ya’ dibaca مِنِّيْ
# diberi nun wiqoyah dan
juga عَنِّيْ
مِنِّيْ، عَنِّيْ artinya:
dari saya
Lafadz yang
akhirnya berupa ا / ى
yang bergandeng dengan ya’ dlomir mutakallim, maka ya’ dlomir yang
asalnya sukun dibaca fathah contoh: دُنْيَا + يْ = دُنْيَايَ . akan tetapi jika yang
bergandeng ya’ dlomir huruf terakhir tidak berupa alif maka ya’ dlomir tetap
dibaca sukun sedangkan lafadz yang bergandeng huruf terkhir dibaca kasroh
contoh بَيْتٌ + يْ = بَيْتِيْ
Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Pembina penulis artikel ini ) sedang praktik membaca kitab kuning.
Dasarnya
اَخِرَ مَ اُضِيْفَ لِلْيَا اكْسِرْ إِذَا # لَمْ
يَكُ مُعْتَلاًّ كَرَامٍ وَقَذَا
Kata gandeng dlomir ya’ dibaca
fathah #
ya’ sukun jika mu’tal ya’ difathah
huruf
jar إلى، على
apabila bergandeng dlomir muttashil menjadi إلَيْـ، عَلَيْـ
Contoh
إِلَى + ہُ = إلَيْهِ،
إِلَى + كَ = إِلَيْكَ
Contoh
uraian
لَكُمْ دِيْنُكُمْ
لَ asalnya لِ
dibaca fatahah karena bergandeng dengan dlomiri muttashi yaitu كُمْ
Dasarnya
وَلاَمَ جَرٍّ فَافْتَحَنْ إِنْ يَتَّصِلْ #
بِهَا ضَمِيْرٌ غَيْرُ يَاءٍ مُتَّصِلْ
Lam jar jika bertemu dlomir
muttashil # selain ya’ dibaca fathah tak musykil
لِ adalah huruf jar, dasarnya
هَاكَ حُرُوْفَ
الْجَرِّ وَهْيَ مِنْ إِلَى # حَتَّى خَلاَ حَاشَا عَدَ فِيْ عَنْ عَلِى
مُذْ مُنْذُ رُبَّ
اللاَّمُ كَيْ وَاوٌ وَ تَــا # وَالْكـَافُ وَ الْبَـا وَلَعَــــــــلَّ وَ
مَتَى
Huruf jar itu
berupa min dan ilaa # Hatta khalaa hasyaa ‘adaa fii ‘an ‘alaa
Mudz mundzu
Lam dan Kay wawu dan Ta # Huruf Kaf dan Ba dan La’alla dan Mata
Semua huruf termasuk huruf jar
hukumnya mabni, dasarnya
وَكُلُّ حَــرْفٍ
مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَــا # وَالْأَصْــلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَـــــــكَّنَ
Dan semua
huruf hukumnya mabni # Sukun jadi tanda aslinya mabni
لِ mabni sukun
كُمْ lafadz setelah huruf jar,
hukumnya jar atau majrur ( dijarkan oleh لِ ) tanda jarnya tetap ( tidak dengan kasroh ) di sebut
dlomir muttashil mahal jar.
كُمْ adalah dlomir,
dlomir hukumnya mabni, dasarnya
وَكُلُّ مُضْمَرٍ
لَهُ الْبِنَا يَجِبْ # وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua dlomir
juga mabni hukumnya # Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya
دِيْنُ tanpa Al dan tanpa tanwin karena menjadi mudlaf dari
pada dlomir muttashil كُمْ .
Mudlaf tanpa Al dan tanpa tanwin,
dasarnya
نُوْنًا تَلِي الْإِعْرَابَ
اَوْ تَنْوِيْنَا # مِمَّا تُضِيْفُ اخْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا
وَالثَّانِيَ اجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ
فِيْ إِذَا # لَمْ يَصْلُحْ إِلاَّ ذَاكَ وَاللَّامَ خُذَا
Nun tanwin yang jadi mudlaf dibuang
# mudlaf ilaih jar dan al mudlaf dibuang
Idlafah harus menyimpan maknanya Fi
# Atau maknya Min dan maknaya Li
كُمْ dalam mahal jar menjadi mudlaf ilaih dari pada lafadz دِيْنُ , mudlof ilaih hukumnya jar
Dasarnya
نُوْنًا تَلِي الْإِعْرَابَ
اَوْ تَنْوِيْنَا # مِمَّا تُضِيْفُ اخْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا
وَالثَّانِيَ اجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ
فِيْ إِذَا # لَمْ يَصْلُحْ إِلاَّ ذَاكَ وَاللَّامَ خُذَا
Nun tanwin yang jadi mudlaf dibuang
# mudlaf ilaih jar dan al mudlaf dibuang
Idlafah harus menyimpan maknanya Fi
# Atau maknya Min dan maknaya Li
كُمْ tanda jar
tidak dengan kasroh, karena dlomir hukumnya mabni
Dasarnya
وَكُلُّ مُضْمَرٍ
لَهُ الْبِنَا يَجِبْ # وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua dlomir
juga mabni hukumnya # Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya
Lebih jelasnya silahkan lihat
buku amtsilati jilid satu bab II ( Dlomir )
Demikian
artikel ini semuga bisa memberikan tambahan pengertian, semuga pula bisa bermanfaaat
dan barokah. Aaamiin
*Miliki
bukunya dan pelajari isinya.
Kritik,
saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:
0852 5971
7000
Penulis: Moh Mahfudz Rozy
Support dakwah
dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY