GIAT BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

PARA SANTRI KAMI UCAPKAN SELAMAT KEMBALI KE PESANTREN, SEMOGA ILMUNYA MANFAAT DAN BAROKAH. BELAJAR AMTSILATI VIA ONLINE/OFFLINE HUB. +62852 5971 7000

Apa yang harus disiapkan naik ke jilid 3 amtsilati ?

Bondowoso, Amtsilati.com

Apa yang harus disiapkan naik ke jilid 3 amtsilati ?

Amtsilati terdiri dari lima jilid, selain itu dilengkapi khulashoh ( nadhham alfiyah ) sebagai dasar pada setiap materi. adapula yang disebut rumus & qoidah, buku ini merupakan rangkuman dari semua jilid serta terdapat beberapa tambahan materi serta Tanya jawab ( versi terbaru ).

kemudian ada yang disebut tatimmah 1 dan tatimmah dua, ini adalah merupakan pendamping dalam praktek dari semua jilid ( jilid 1 – jilid 5 ). didalam tatimmah ini dibahas pula kesamaan – kesamaan lafadz tujuannya adalah untuk lebih tepatnya mentarjih kalimat yang sesuai dengan dzauq dan siyaqul kalam ( susunan kalimat ).

sedangkan shorfiyah dan i’lal adalah sebagai pendamping dalam shorfiyah sehingga sesuai dengan wazan, baik lafadz yang gharib ( lafadz yang melalui proses I’lal ), dengan demikian dapat diketahui lafadz asalnya.

Lalu apa materi dari masing – masing jilid ?

Sebetulnya pembahasan materi dari masing – masing jilid sudah saya tulis dalam artikel pengenalan buku amtsilati, namun sebagian yang akan saya tulis kembali  selengkapnya bisa anda kunjungi tentang buku agar belajar bisa lebih nyambung sehingga dapat memahami dengan lebih mudah.

Apalagi bagi yang belum pernah mempelajarinya maka saya sarankan hendaknya pembelajaran atau membaca aertikel ini dari awal.

Baiklah saya akan melanjutkan  pembahasan materi dalam jilid 1, 2, 3 secara ringkas dengan tujuannya diulas kembali agar pembaca bisa nyambung dan memahami dengan baik. Aaamiin

Belajar amtsilati
Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur ( Pembina penulis artikel ini ). sedang mengikuti pembelajaran amtsilati.

Jilid I

Dalam jilid ini terdapat 4 bab:

1- Tentang huruf huruf jer, pengenalan dan pengaruhnya pada lafadz setelahnya  serta kemabniannya.

2- Menjelaskan dlomir baik muttashil atau munfashil serta kemabniannya.

3- Isim isyaroh baik yang digunakan untuk mudzakkar dan muannats serta kemabniannya.

4- Isim maushul serta kemabniannya.

Dari kesemua bab ini harus difahamai sebab akan menjadi bahan materi jilid berikutnya. seperti pada jilid dua salah satu bab diatas sangat menentukan pemahaman.

Apa yang dibahas jilid II ?

Jilid II sebanyak 5 bab:

1 – Tanda – tanda isim, untuk mengetahui ini salah satunya harus mengenali huruf jer, mudlaf ilaih dimana pembahasannya ada pada jilid I. ini menentujan menggeunakan istikah rumus utama

2 – Jenis – jenis isim, di sini juga yang menjadi bahan ada pada jilid I, sebab dalam rumus A1 menentukan makrifat atau nakirohnya. tentunya menentukan makrifat harus mengetahui apa saja isim – isim makrifat. dalam mengetahui isim – isim makrifat harus juga hafal materi jilid I yaitu dlomir, isyaroh, maushul sebab inilah yang termasuk dalam bagian isim – isim makrifat.

3 – Menentukan wazan – wazan isim fa’il.

4 – Menentukan wazan – wazan isim maf’ul.

5 – Menentukan wazan – wazan mashdar.

Nah dari pembahasan materi di atas semuanya adalah menjadi bahan pemahaman dalam materi jilid III.

Apa saja materi jilid tiga ?

Jilid III sebanyak 4 bab:

1 – Mubtada’ dan khobar

Untuk lebih mudahnya mengetahui dan memahami bab ini adalah harus faham dan hafal materi – materi jilid sebelumnya yaitu jilid 1 dan 2. seperti dalam menentukan mubtada’ diantaranya adalah makrifat diawal kalimat, nah pembahasan isim makrifat ada pada jilid 2 sedangkan bahan materinya ada pada jilid 1. seperti makrifat yang berupa dlomir, isyaroh, maushul yang kesemuanya ini ada dalam materi jilid 1.

Dengan demikian maka materi metode amtsilati sangat sistematis dimana mulai materi awal hingga akhir jilid 5 tetap saling ada keterkaitan, belajarnyapun tidak bisa dari tengah jilid tapi seharusnya dari awal materi yaitu jilid 1.

Inilah yang bisa saya tulis dalam artikel ini agar pembaca memprsiapkan pemahaman dan hafalan materi sebelumnya dalam mengikuti materi berikutnya yaitu jilid 3.

Semoga bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *