BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Selamat tahun baru islam 1446 hijriyah. Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, fb/yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Rabu, 12 Juni 2024

Terjemah kitab safinatunnaja dengan bahasa indonesia lengkap i'rob

Bondowoso, Amtsilati.com

TERJEMAH KITAB SAFINATUNAJA

مُقَدِّمَةٌ

PENDAHULUAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّجْمَنِ الرَّجِيْمِ

Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih kepada semua makhluq dan yang maha penyayang kepada orang mukmin.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَ الدِّيْنِ. وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُجَمَّدٍ خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ، وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

Adapun segala puji itu tetap milik allah yang menguasai semesta alam, dan dengannya minta pertolongan siapa kami atas beberapa urusan dunia dan agama. Dan semoga menambahkan rahmat siapa allah atas gusti kita yaitu nabi Muhammad yang menjadi penutup para nabi, dan keluarga nabi dan sahabat nabi semuanya. Dan tiada daya upaya itu ada dan tidak ada kekuatan itu ada kecuali Bersama pertolongan allah yang maha luhur dan yang maha agung.

Keterangan:

اَلْحَمْدُ : Menjadi mubtada’ sebab isim makrifat di awal kalimat. Mubtada’ hukumnya rofa’, tandanya rofa’ dlommah karena isim mufrod.

لِلَّهِ : Khobar ghairu mufrod, sebab susunan jar – majrur. dan khobarnya menyimpan makna ( tetap / ada ).

رَبِّ : Dibaca jar ( kasroh ) karena mengikuti lfadz allahi, mengikuti sebab menjadi shifat. Tanpa tanwin dan tanpa al karena menjadi mudlof.

اَلْعَالَمِيْنَ : Menjadi mudlof ilaih hukumnya jar, tanda jarnya ya’ sebab mulhaq jamak mudzakkar salim. Nunn-ya adalah nun jamak.

بِهِ : BI huruf jar, HI dhomir muttashil mufrod mudzakkar ghaib. Dibaca kasroh sebab berada setelah harokat kasroh ( bukan tanda jar ) karena dhomir hukumnya mabni. Dhomir muttashil tersebut adalah mahal jar, karena menempati di tempat yang berhukum jar yaitu berada setelah huruf jar.

نَسْتَعِيْنُ : Fi’il mudlori’ ( dibaca rofa pada nun ) ikut wazan يَسْتَعْعِلُ . asalnya نَسْتَعْوِنُ karena sebelum huruf illat wawu ada shohih sukun ( ‘ain ) maka harokatnya wawu dipindah pada huruf sebelumnya menjadi نَسْتَعِوْنُ kemudian harokatnya wawu diganti dengan huruf yang sesuai dengan harokat sebelumnya ( ‘ain kasroh ) yaitu denga ya’ maka menjadi نَسْتَعِيْنُ .

نَسْتَعِيْنُ : Sin-nya bermakna meminta.

اُمُوْرِ : Kalimat isim ( tanwinnya dibuang sebab menjadi mudlof ).

اَلدُّنِيَا : Mudlof ilaih ( hukumnya jar ) tanda jarnya dikira-kirakan pada alif sebab isim maqshur.

RUKUN ISLAM

( فَصْلٌ ) اَرْكَانُ الْإِسْلاَمِ خَمْسَةٌ: شَهَادَةُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاَنَّ مُجَمَّدًا رَسُوْلُ اللَّهِ وَإِقَامُ الصًّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ وَحَجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً.

 ( Fashol )

Adapun rukun – rukunnya islam itu ada lima:

1. Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan itu ada kecuali allah, dan nabi Muhammad itu utusannya allah, 2. Dan melaksanakan sholat, 3. Dan mengeluarkan zakat, 4. Dan berpuasa dalam bulan romadhan, 5. Dan melaksanakan haji pada baitullah pada orang yang mampu siapa orang ( apanya ) perjalanannya.

Keterangan:

اَرْكَانُ : Jamak taksir ikut wazan اَفْعَالٌ menjadi mudlof dan mudlof ilaihnya adalah  اَلْإِسْلاَمِ .

اَرْكَانُ : Dibaca rofa’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena mudlof ilaihnya makrifat yaitu اَلْإِسْلاَمِ .

سِتَّةٌ : Isim ‘adad ( hitungan ) yang berupa ‘adad mufrod. Dibaca rofa’ sebab menjadi Khobar dari ااَرْكَانُ  .

خَمْسَةٌ : Khobar mufrod yang jamid ghairu mudlof .

شَهَادَةُ : Dibaca rofa’ sebab menjadi badal dari خَمْسَةٌ .

صَوْمُ : Kalimat isim ( tanwinnya dibuang sebab menjadi mudlof ).

رَمَضَانَ : Mudlof ilaih ( hukumnya jar ) tanda jarnya dengan fathah karena isim ghairu munshorif yang illatnya ada dua yaitu nama dan diakhiri alif - nun.

سَبِيْلاً : Dibaca nashob karena mejadi tamyiz.

RUKUN IMAN

( فَصْلٌ ) أَرْكَانُ الْإِيْمَانِ سِتَّةٌ: أَن تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وًرُسُلِهِ وَبِالْيَوْمِ الْأَخِرِ وَبِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ مِنَ اللَّهِ تَعَالَى.

( Fashal )

Adapun rukun – rukunnya iman itu ada enam:

1. Hendaknya beriman siapa kamu kepada allah, 2. Dan kepada malaikat allah, 3. Dan pada kitab – kitabnya allah, 4. Dan kepada para utusannya allah, 5. Dan pada hari akhir, 6. Dan pada taqdir bagusnya taqdir atau jeleknya taqdir itu dari allah.

Keterangan:

اَرْكَانُ : Jamak taksir ikut wazan اَفْعَالٌ menjadi mudlof dan mudlof ilaihnya adalah  اَلْإِيْمَانِ .

اَرْكَانُ : Dibaca rofa’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena mudlof ilaihnya makrifat yaitu اَلْإِيْمَانِ .

إِيْمَانِ : Asalnya إِئْمَانِ ikut wazan إِفْعَالٌ dua hamzah yang kedua mati maka diganti huruf yang sesuai dengan harokat sebelumnya ( kasroh ) yaitu dengan ya’.

سِتَّةٌ : Isim ‘adad ( hitungan ) yang berupa ‘adad mufrod. Dibaca rofa’ sebab menjadi Khobar dari ااَرْكَانُ .

سِتَّةٌ : Khobar mufrod yang jamid ghairu mudlof .

كُتُبِهِ : Jamak taksir katsroh ( banyak ) ikut wazan فُعُلٌ .  susunan mudlof dan mudlof ilaih.

رُسُلِهِ : Jamak taksir katsroh ( banyak ) ikut wazan فُعُلٌ . susunan mudlof dan mudlof ilaih.

خَيْرْهِ، شَرِّهِ : Menjadi badal dari اَلْقَدْرِ .

ARTI KALIMAT TAUHID

( فَصْلٌ ) وَمَعْنَى لاَإِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ لاَ مَعْبُوْدَ بِحَقٍّ فِي الْوُجُوْدِ إِلاَّ اللَهُ.

( Fashal )

Dan adapun artinya kalimat لاَإِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ itu tidak ada yang disembah itu ada dengan sebenarnya dalam adanya kecuali allah.

Keterangan:

إِلَهَ : Dibaca nashab sebab menjadi isimnya لاَ لِنَفْيِ الْجِنْسِ

لاَإِلَهَ : Khobarnya dibuang berupa مَوْجُوْدٌ ( bermakna itu ada ).

TANDA – TANDA BALIGH

( فَصْلٌ ) عَلاَمَاتُ الْبُلُوْغِ ثَلاَثٌ: تَمَامُ خَمْسَ عَشَرَةَ سَنَةً فِي الذَّكَرِ وَ الْأُنْثَى، وَالْإِحْتِلاَمُ فِيْ الذَّكَرِ وَالْأُنْثَى لِتِسْعِ سِنِيْنَ، وَالْحَيْضُ فِي الْأُنْثَى لِتِسْعِ سِنِيْنَ.

( Fashal )

Adapun tanda – tanda baligh itu ada tiga:

1. Sempurnanya umur lima belas ( apanya ) tahunnya dalam usia laki – laki dan perempuan, 2. Bermimpi keluar sperma dalam usia laki – laki dan perempuan karena berumur Sembilan tahun, 3. Haid dalam usia perempuan karena berumur Sembilan tahun.

Keterangan:

اَلْبُلُوْغِ : Dibaca kasroh sebab menjadi mudlof ilaih dari mudlof عَلاَمَاتُ .

خَمْسَ عَشَرَةَ : ‘Adad murokkab ( menjadi Khobar ) kedua ‘adadnya dibaca nashob.

سَنَةً : Lafadz yang berada setelah ‘adad murokkab menjadi tamyiz, tamyiz hukumnya nashob.

FASHAL SYARAT ISTINJA’

( فَصْلٌ ) شُرُوْطُ إِجْزَاءِ الْحَجَرِ ثَمَانِيَةٌ: اَنْ يَكُوْنَ بِثَلاَثَةِ أَحْجَارٍ  وَ اَنْ يُنْقِيَ الْمَحَلَّ وَاَنْ لاَ يَجِفَّ النَّجْسُ وَ لاَ يَنْتَقِلَ وَ لاَ يَطْرَأَ عَلَيْهِ أَخَرُ وَ لاَ يُجَاوِزَ صَفْحَتَهُ وَحَشَفَتَهُ وَ لاَ يُصِيْبَهُ مَاءٌ وَاَنْ تَكُوْنَ الْأَحْجَارُ طَاهِرَةً.

( Fashal Istinja’ )

Adapun syarat cukupnya bersesuci dengan batu itu ada delapan:

1. Hendaknya ada apa istinja’ ( bersesuci dengsn batu ) itu tetap dengan tiga beberapa batu, 1. Dan hendaknya dapat membersihkan apa istinja’ pada tempat najis, 3. Dan hendaknya tidak kering apa najis, 4. Dan tidak berpindah apa najis, 5. Dan tidak ada yang baru datang pada najis apa najis yang lain, 6. Dan tidak melewati apa najis pada pantatnya dan pucuk dzakarnya, 7. Dan tidak mengenai pada najis apa air, 8. Dan hendaknya ada apa beberapa batu itu yang suci.

Keterangan:

شُرُوْطُ : Jamak taksir ikut wazan فُعُوْلٌ menjadi mudlof dan mudlof ilaihnya adalah  إِجْزَاءِ.

تَكُوْنُ :   Huruf mudloro’ahnya dengan ta’ karena fa’il berupa muannats yaitu اَلْاَحْجَارُ ( munannats majazi berupa jamak taksir ).

FASHAL FARDHU WUDHU’

( فَصْلٌ ) فُرُوْضُ الْوُضُوْءِ سِتَّةٌ: اَلْأَوَّلُ اَلنِّيَّةُ، اَلثَّانِيْ غَسْلُ الْوَجْهِ، اَلثُّالِثُ غَسْلُ الْيَدَيْنِ مَعَ الْمِرْفَقَيْنِ، اَلرَّابِعُ مَسْحُ شَيْءٍ مِنَ الرَّأْسِ، اَلْخَامِسُ غَسْلُ الرِّجْلَيْنِ مَعَ الْكَعْبَيْنِ، اَلسَّادِسُ اَلتَّرْتِيْبُ.

( Fashal )

Adapun beberapa fardlunya wudhu’ itu ada enam:

Adapun yang pertama itu niat, adapun yang kedua itu membasuh wajah, adapun yang ketiga itu membasuh kedua tangan hingga siku dua, adapun yang keempat itu mengusap sesuatu dari Sebagian kepala, adapun yang kelima itu membasuh kedua kaki serta kedua mata kaki, adapun yang keenam itu tartib ( ber-urutan ).

Keterangan:

فُرُوْضُ : Jamak taksir ikut wazan فُعُوْلٌ لberupa mudlof dan mudlof ilaihnya adalah  اَلْوُضُوْءِ .

فُرُوْضُ : Dibaca rofa’ sebab makrifat di awal kalimat, makrifat karena mudlof ilaihnya makrifat yaitu اَلْوُضُوْءِ .

سِتَّةٌ : Isim ‘adad ( hitungan ) yang terdiri dari ‘adad mufrod. Dibaca rofa’ sebab menjadi Khobar dari افُرُوْضُ  .

سِتَّةٌ : Khobar mufrod yang jamid ghairu mudlof .

اَلثَّانِيْ : Mubtada’ tanda rofa’nya dikira-kirakan pada ya’ karena isim manqush.

مَعَ : Lafadz yang harus dimudlofkan dengan kalimat lain.

FASHAL NIAT

( فَصْلٌ ) اَلنِّيَّةُ قَصْدُ الشَيْءِ مُقْتَرَنًا بْفِعْلِهِ، وَمَحَلُّهَا الْقَلْبُ، وَالتَّلَفُّظُ بِهَا سُنَّةٌ، وَوَقْتُهَا عِنْدَ غَسْلِ اَوَّلِ جُزْءٍ مِنَ الْوَجْهِ.

Fashal

Adapun niat itu bermaksud sesuatu padahal keadaan bersamaan dengan pekerjannya, dan adapun tempatnya niat itu hati, dan adapun melafadzkan niat dengan niat itu sunnah, dan adapun waktunya niat itu tetap Ketika membasuh kali pertamanya sebagian wajah.

Keterangan:

مُقْتَرَنًا : Dibaca nashob menjadi hal dari قَصْدُ الشَّيْءِ .

وَ : Adalah wawu isti’nafiyah ( permulaan )

Sekian dulu terjemah kitab safinah ini insya allah akan kami sambung di halaman ini, semoga bermanfaat dan kita semua mendapatkan barokahnya pengarang kitab safinah yaitu syekh salim bin smir al hadhromi. Aaamiin

 

Kunjungi pula:

YT/FB: MOH MAHFUDH ROZY

IG/TIKTOK/SNACK VIDEO : MAHFUDHROZY

 

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 atau via aplikasi dana dengan nomor 0852 5971 7000 an. MOH MAHFUDZ ROZY.

 

TAG: #safinatunnaja #kitab #safinah #fiqh #kitabkuning #terjemah #bahasaindonesia #ngaji #kajian #kajianislam #mengaji #mengajikitab

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *