GIAT BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

PARA SANTRI KAMI UCAPKAN SELAMAT KEMBALI KE PESANTREN, SEMOGA ILMUNYA MANFAAT DAN BAROKAH. BELAJAR AMTSILATI VIA ONLINE/OFFLINE HUB. +62852 5971 7000

Pengenalan buku amtsilati ( Masing - masing jilid )

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين و اله وصحبه اجمعين، ولا حول ولاقوة إلا بالله العليّ العظيم.

Pengenalan jilid – jilid buku metode amtsilati

Buku metode amtsilati telah kita ketahui bersama sebanyak 10 buku yang semuanya ini disebut satu paket. jilid satu sampai jilid lima menjadi pokok materi, khulashoh ( buku kecil ) merupakan dasar – dasar materi berbentuk nadham yang diambil dari kitab alfiyyah ibnu malik karangan Al-Syekh Muhammad bin ‘Abdillah bin Malik Al-Andalusy.

Sebelum saya melanjutkan materi, kali ini akan menjelaskan apa saa yang menjadi pembahasan dari masing – masing jilid, hal ini agar pengguna dapat mengetahui cara pembelajarannya.

Jilid satu

jilid satu ini sebanyak empat bab.

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati, Amtsilati Jilid 1 2020, Amtsilati Jilid 1, Amtsilati Jilid 2, Amtsilati Jilid 3, Amtsilati Jilid 4, Amtsilati Jilid 5.

Bab 1

- Pengenalan huruf jar baik jumlahnya, kemabnian serta pengaruhnya pada kata tunggal atau gabungan dua kata / lebih.

- Pengaruh huruf jar pada kata tunggal ada yang bentuk lafadznya tidak di-akhiri  huruf ‘illat baik ada Al atau tanpa Al.

- Pengaruh huruf jar pada kata yang akhirnya berupa huruf ‘illat dan harokat sebelumnya fathah ( isim maqshur) baik yang ada Al-nya atau tidak.

- Pengaruh huruf pada kata / lafadz yang bentuknya jamak mudzakkar saliim atau mulhaq jamak mudzakkar salim ( tidak berakal ).

- Pengaruh huruf jar pada gabungan dua kata atau lebih.

Bab II

- Pegenalan dlomir dan kemabniannya

Bab III

- Pengenalan isim isyaroh dan kemabniannya

Bab IV

- Pengenalan isim maushul dan kemabniannya serta bentuk jumlahnya.

Foto: Santri yayasan pendidikan islam dan sosial DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. ( Binaan penulis )

Jadi jilid satu

Semuanya yang berhukum mabni. diharapkan pengguna / santri / murid dapat mengusai semua yang ada di jilid satu sebelum naik ke jilid berikutnya. sebab materi selalu ada keterkaitan ketika membahas bab atau jilid selanjutnya.

Jilid dua

Mulai dari jilid dua ini pengguna dikenalkan isim dan semua jenisnya dengan menggunakan istilah rumus, ada rumus utama, rumus A1, RUMUS A2 dan rumus A3. rumus – rumus isim ini digunakan hingga jilid tiga.

Rumus utama

Menentukan kalimat isim, fi’il, huruf. apabila ternyata lafadz tersebut isim maka kemudian terapkan rumus A1, A2, A3.

Rumus A1

Membedakan isim

Ma’rifat / Nakiroh

Mabni / Mu’rob

Mudzakkar / Muannats

Mufrod / mutsanna / Jamak

Rumus A2

Menentukan isim tersebut antara: isim fa’il, isim maf’ul, mashdar atau bukan isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar, maka yang menentukan kamus.

Yang ditentukan kamus antara lain: mashdar madli tiga huruf, mashdar mim, jamak taksir, jamid. dengan demikian pengguna amtsilati sudah mengenal tashrif di jilid dua ini. untuk jamid / musytaq masih dibahas di jilid tiga.

Jilid tiga

Di sini sudah mulai merangkai kata atau mengenal susunan kata yang isim.

- Menentukan susunan mubtada’ dan khobar serta pelengkap. Pembagian mubtada’ dan khobar juga dibahas secara detail dilengkapi dengan dasarnya.

- ‘Amil nawasikh

- Isim gahiru munshorif beserta ‘illatnya.

- Isim jamid / Musytaq

- Asma’ sittah

- Isim mu’tal

- Isim yang mengikuti I’rob sebelumnya ( akhir jilid tiga ).

Jilid IV

Materi jilid empat adalah pengenalan fi’il. maka istilah rumus di jilid ini beda dengan rumus sebelumnya, apabila yang jumpai berupa kalimat fi’il maka terpakan rumus B1, B2, B3.

Rumus B1

Menentukan fi’il antara madli, mudlori’, amar, nahi

Rumus B2

Membedakan fi’il antara:

- Mujarrod / Mazid

- Mabni / Mu’rob

- Ma’lum / Majhul

Rumus B3

Menjadikan / menentukan susunan fi’il menjadi:

Fi’il – fa’il – pelengkap

Jilid V

Pembahasa jilid ini tentang fi’il mudlori’ dan hukumnya, yang menashabkan serta yang menjazemkan.

Bisa dipahami bahwa pembahasan isim dari materi jilid dua sampai jilid tiga, fi’il mulai jilid empat sampai jilid lima. jilid empat fi’il madli, jlid lima fi’il mudlori’, amar, nahi. pembahasan yang cukup banyak ada pada materi jilid tiga.

Sedangkan empat buku lainnya adalah shorfiyyah karangan Al-Syekh Muhammad Makshum bin ‘Ali yang disusun lengkap dengan I’lalnya menggunakan rumus sesuai dengan metode amtsilati ini. buku berikutnya dinamakan tatimmah, ada tatimmah satu dan tatimmah dua. buku ini sebagai penyempurna dalam belajar menentukan kalimat dan cara mmengurai rumus – rumus serta menentukan beberapa kesamaan – kesamaan kalimat dalam satu bentuk lafadz. Tatimmah satu bisa mulai setelah khatam jilid tiga materi amtsilati.

Untuk lebih memudahkan dalam belajar dan menghafalkannya penyusun metode amtsiati ( K.H. Taufiqul Hakim ) menambahkan satu buku yang disebut RUMUS & QOIDAH. dengan buku ini para santri bisa mengulang – ngulang materi yang sudah selesai atau bahkan yang mau dipelajari dengan cara menghafalkannya.

Rumus & qoidah memuat materi mulai jilid satu sampai jilid lima, dengan dilengkapi model Tanya jawab serta terdapat penambahan beberapa materi yang belum terserap di masing – masing jilid. Jadi buku metode amtsilati dalam satu paket sebanyak sepuluh buku.

Semuga bisa bermanfaat. Aaamiin

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *