GIAT BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

PARA SANTRI KAMI UCAPKAN SELAMAT KEMBALI KE PESANTREN, SEMOGA ILMUNYA MANFAAT DAN BAROKAH. BELAJAR AMTSILATI VIA ONLINE/OFFLINE HUB. +62852 5971 7000

MUBTADA' DAN KHOBAR ( Bagian keVII ) Amtsilati Jilid 3 Bab I

Bondowoso, Amtsilati.com

AMTSILATI

BAB  I

MUBTADA’ DAN KHOBAR ( Bagian keVII )

Pada artikel ini pembahasan mubtada’ yaitu isim makrifat di awal kalimat menjadi mubtada’. sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya mubtada’ yang berupa isim makrifat dlomir, nama, Al, dan isim maushul . berikutnya adalah makrifat yang berupa isyaroh.

Isim isyaroh adalah isim yang bermakna kata tunjuk baik untuk jarak dekat atau jarak jauh, begitu pula ada isyaroh ada yang khusus menunjukkan laki – laki atau perempuan yang semuanya juga ada yang khusus mufrod, mutsanna dan jamak.

Maksudnya ada isyaroh yang khusus mufrod mudzakkar, tatsniyah mudzakkar, jamak mudzakkar. untuk muannats ada yang mufrod muannats, tatsniyah muannats, jamak muannats.

Isyaroh yang khusus mudzakkar jarak dekat:

Jamak mudzakkar

Tatsniyah mudzakkar

Mufrod mudzakkar

هَؤُلاَءِ

هَـذَانِ / هَذَيْنِ

هَـذَا

 

Isyaroh yang khusus muannats jarak dekat:

Jamak muannats

Tatsniyah muannats

Mufrod muannats

هَؤُلاَءِ

هَاتَانِ / هَاتَيْنِ

هَذِهِ

 

Isyaroh yang khusus mudzakkar jarak jauh:

Jamak mudzakkar

Tatsniyah mudzakkar

Mufrod mudzakkar

أُؤلَئِكِ

ذَانِكَ / ذَيْنِكَ

ذَلِكَ

 

Isyaroh yang khusus muannats dan jarak jauh:

Jamak muannats

Tatsniyah muannats

Mufrod muannats

أُؤلَئِكِ

تَانِكَ / تِيْنِكَ

تِلْكَ

 

*هَذَيْنِ isyaroh untuk tatsniyah mudzakkar dalam bentuk nashob atau jer jarak dekat

*هَاتَيْنِ isyaroh untuk tatsniyah muannats dalam bentuk nashob atau jer jarak dekat

*ذَيْنِكَ isyaroh untuk tatsniyah mudzakkar dalam bentuk nashob atau jer jarak jauh

*تَيْنِكَ isyaroh untuk tatsniyah muannats dalam bentuk nashob atau jer jarak jauh

*هُنَا di sini

*هُنَاكَ di sana

Contoh isyaroh untuk mudzakkar jarak dekat

هَذَا كِتَابٌ

Adapun ini itu satu kitab

هَذَانِ كِتَابَانِ

Adapun ini itu dua kitab

هَؤُلاَءِ نَاجِحُوْنَ فِي الْإِمْتِحَانِ

Adapun mereka ini itu orang laki - laki yang sukses di dalam menempuh ujian

Contoh isyaroh untuk muannats jarak dekat

هَذِهِ مَدْرَسَهٌ

Adapun ini itu satu sekolah

هَاتَانِ مِمْسَحَتَانِ

Adapun ini itu dua penghapus

هَؤُلاَءِ طَالِبَاتٌ فِيْ هَذِهِ الْمَدْرَسَهِ

Adapun mereka ini itu siswi – siswi perempuan di sekolah ini.

Keterangan

I’robnya musyaroh ilaih ( yang ada al-nya ) mengikuti isim isyarohnya dalam rofa’, nashab dan jernya.

Contoh

Jer

Nashob

Rofa’

فِيْ هَذَالْبَابِ

قَـرَئْتُ هَذَالْبَابَ

هَذَالْبَابُ فِيْ كَيْفِيَهِ الصَّلاَةِ

 

Jer

Nashob

Rofa’

فِيْ هَذَالْبَابِ

قَـرَئْتُ هَذَالْبَابَ

ذَلِكَ الْكِتَابُ

 

Mubtada’ dan khobar harus sama dalam mudzakkar dan muannatsnya, begitu pula dalam mufrod, mutsanna, jamaknya apabila khobarnya berupa isim shifat ( isim fa’il, isim maf’ul ).

Uraian

هَذَا كِتَابٌ

Adapun ini itu satu kitab

هَذَا isim isyaroh untuk mufrod mudzakkar

بِذَا لِمُفْـرَدٍ مُذَكَّـرٍ اَشِـرْ # بِذِيْ وَذِهْ تِيْ تَا عَلَى الْأُنْثَى اقْتَصِـرْ

هَذَا isim isyaroh hukumnya mabni, dasarnya

كَا لشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا  #  وَالْمَعْنَوِيِّ فِيْ مَتَى وَفِيْ هُنَا

Dlomir mabni serupa huruf jumlahnya # Syarat isyaroh sama nyimpan maknanya

هَذَا isim isyaroh mabni sukun

هَذَا isim makrifat karena isyaroh, dasarnya

وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ كَهُمْ وَذِيْ # وَهِنْدَ وَابْنِ وَالْغُلاِمِ وَالَّذِيْ

Makrifat yaitu selain nakiroh # Dlomir nama Al maushul mudlof isyaroh

هَذَا isim makrifat di awal kalimat menjadi mubtada’, dasarnya

مُبْتَـدَاءٌ زَيْدٌ وَعَـاذِرٌ خَـبَرْ # إِنْ قُلْـتَ زَيْـدٌ عَـاذِرٌ مَنِ اعْتَـدَرْ

Kebanyakannya awal kalam mubtada’ # Bila isim khobar setelah mubtada’

Mubtada’ hukumnya rofa’, dasarnya

وَرَفَعُـوْا مُبْتَـدَاءً بِالْإِبْتِـدَاءْ # كَذَاكَ رَفْـعُ خَـبَرٍ بِالْمُبْتَـدَاءْ

Sebab jadi awalan mubtada’ rofa’ # Sebab adanya mubtada’ khobar rofa’

هَذَا dalam mahal ( kedudukan ) rofa’ menjadi mubtada’.

كِتَابٌ dalam susunan ini menjadi khobar, sebab setelah mubtada’ dan pantas bermakna itu atau adalah.

Khobar adalah bagian yang enyempurnakan faidah. khobar ada dua, mufrod dan ghairu mufrod, dasarnya

وَالْخَـبَرُ الْجُـزْءُ الْمُتِمُّ الْفَائِدَةْ # كَاللهُ بَـرٌّ وَالْأَيَـادِيْ شَـاهِدَةْ

وَمُفْـرَدًا يَأْتِيْ وِيَأْتِيْ جُمْـلَةْ # حَـاوِيَةً مَعْنَى الَّذِيْ سِيْقَـتْ لَهْ

Khobar bagian penyempurna faidah # Macamnya khobar mufrod dan khobar jumlah

كِتَابٌ dalam susunan ini menjadi khobar mufrod yang jamid ghairu mudlaf.

هَذَا كِتَابٌ dalam rumus A3 adalah susunan mubtada’ dan khobar.

Kesimpulan

هَذَا

Rumus Utama: Isim isyaroh

Rumus A1: Makrifat, mabni, mudzakkar, mufrod.

Rumus A2: Bukan isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar ( tidak cocok dengan  rumus – rumus wazan ).

Rumus A3: Mubatada’ sebab makrifat di awal kalimat.

كِتَابٌ

Rumus Utama: Isim sebab tanwin

Rumus A1: Nakiroh sebab tanwin, mu’rob, mudzakkar, mufrod.

Rumus A2: Bukan isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan mashdar ( tidak cocok dengan  rumus – rumus wazan ). maka termasuk yang ditentukan kamus yaitu isim jamid.

Rumus A3: Khobar karena setelah mubtada’ dan pantas bermakna itu atau adalah.

Semoga bisa bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

*Share materinya

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *