BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Mohon bantuan shodaqoh atau infaq untuk pembangunan musholla darul khidmah dan asrama santri bisa melalui BSI REK NO 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY. Konfirm nama ( spasi ) shodaqoh ( spasi ) nominal kirim sms/wa ke +62852 5971 7000. Contoh: Ahmad shodaqoh 50.000. akan diumumkan di blog ini dan video atau deskripsi YOUTUBE CHANNEL: MOH MAHFUDH ROZY. Terima kasih

Senin, 13 Juni 2022

PENGARUHNYA 'AMIL NAWASIKH كَانَ وَاَخَوَاتُهَا ( KAANA WA AKHOAWATUHA ) MATERI AMTSILATI JILID 3

Bondowoso, Amtsilati.com

Pengaruh ‘amil nawasikh كَانَ وَاَخَوَاتُهَا

‘Amil di dalam ilmu nahwu sangat berbeda sekali dengan apa yang dimaksud ‘amil dalam zakat. ‘amil yang terdapat dalam istilah ilmu nahwu adalah beberapa lafadz tertentu yang dapat melakukan perubahan hukum bacaan pada lafadz setelahnya.

Nawasikh sendiri artinya adalah menyalin  atau merubah, ada pula yang memberikan pengertian dari nawasikh adalah merusak. jadi kita lebih mudah lagi memahaminya jika tahu tentang pengertian nawasikh. merubah atau menyalin, merusak dalam istilah ilmu nahwu adalah merubah hukumnya mubtada yang asalnya rofa’ bisa berhukum nashob sebab amil nawasikh yang ada pada sebelumnya mubtada’. begitu juga nawasikh  bisa merusak hukumnya khobar yang semestinya rofa’ dapat berubah menjadi berhukum nashob apabila ada amil yang sebelumnya memberikan hukum atas wajibnya khobar berhukum nashob.

Dari beberapa ‘amil nawasikh tersebut ada yang merubah hukumnya mubtada’ saja yang asalnya rofa menjadi berhukum nashob seperti إِنَّ dan saudara – saudaranya sedangkan khobarnya tetap berhkum rofa’. untuk lebih jelasnya bagimana bentuk rofa’ atau nashobanya lafadz klik disini.

Adapula yang pengamalannya ‘amil merubah hukumnya khobar saja yang semestinya dofa’ berubah menjadi berhukum nashob sedangkan mubtada’nya tetap berhukum rofa’ sebagaimana yang akan saya tulis berikut ini.

 

‘Amil nawasikh yang merubah hukumnya khobar menjadi berhukum nashob adalah كَانَ وَاَخَوَاتُهَا ( kaana dan saudara – saudaranya ).  ‘amil ini berfungsi merofa’kan mubtada’ dan menashobkan khobar. perhatikan perubahan lafadz berikut ini sebelum dan sesudah kemasukan كَانَ وَاَخَوَاتُهَا contoh:

زَيْدٌ عَالِمٌ

Adapun zaid itu orang yang ‘alim

زَيْدٌ adalah isim tanda isimnya ialah tanwin atau bertanwin dasarnya klik di sini

زَيْدٌ dibaca rofa’ sebab menjadi mubtada’, menjadi mubtada’ karena isim ma’rifat berada di awal kalimat ( permulaan ), dasarnya klik di sini.

Sedangkan mubtada’ hukumnya rofa’ dasarnya klik di sini, maka lafadz زَيْدٌ dalnya dibaca DUN tidak dibaca DIN atau DAN sebab menjadi mubtada’ yang memang semestinya berhukum rofa’.

عَالِمٌ dibaca rofa’ ( tanda rofa’nya dlommah ) karena menjadi khobar, menjadi khobar sebab setelah mubtada’ dan pantas diberi makna itu atau adalah. khobar hukumnya rofa’. dasarnya klik di sisni. macam – macam tanda rofa’ klik di sini.

Sebab menjadi khobar inilah lafadz عَالِمٌ mimnya tidak dibaca MAN atau MIN. akan tetapi apabila berada setelahnya كَانَ وَاَخَوَاتُهَا maka hukumnya عَالِمٌ berubah  berhukum nashob, karena pengamalannya كَانَ وَاَخَوَاتُهَا adalah merofa’kan mubtada’ dan menashobkan khobar. contoh:

كَانَ زَيْدٌ عَالِمًا

Ada siapa zaid itu orang yang ‘alim

Khobar

Mubtada’

‘Amil nawasikh

عَالِمًا

زَيْدٌ

كَانَ

Itu orang yang ‘alim

Siapa zaid

Ada

 

Apa yang menjadi dasar atas pengamalannya كَانَ وَاَخَوَاتُهَا ?

Dasarnya adalah:

تَرْفَعُ كَانَ الْمُبْتَدَ اسْمًا وَالْخَبَرْ # تَنْصِبُهُ كَكَانَ سَيِّدًا عُمَرْ

Pengaruh كَانَ menashobkan khobarnya # Mubtada’ isimnya dan khobar khobarnya

Apa saja saudara كَانَ atau pengamalannya seperti كَانَ ?

Saudaranya كَانَ adalah:

ظَلَّ، بَاتَ، اَضْحَى، اَصْبَحَ، اَمْسَى، صَارَ، لَيْسَ، زَالَ، بَرِحَ

Dasarnya:

كَكَانَ ظَلَّ بَاتَ اَضْحَى اَصْبَحَ # اَمْسَى وَصَارَ لَيْسَ زَالَ بَرِحَ

Jenisnya dholla, baata, adhha, ashbaha # amsaa dan shooro, laysa, zaala, bariha

Contoh:

صَارَ عَالِمًا

Menjadi siapa dia satu laki – laki itu orang yang ‘alim

Semoga tulisa ini dapat membantu dalam belajar ilmu nahwu, menjadikan lebih mudah dalam memahaminya dan bermanfaat serta barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

 

TAG:

#AMILNAWASIKH #PENGARUH #ILMUNAHWU #METODE #AMTSILATI #MUBTADA #KHOBAR #MENYALIN #MERUBAH #MERUSAK

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *