MUQODDIMAH KITAB TAQRIB KE3
بسم الله الرحمن الرحيم
I’robnya
basmalah silahkan klik di sini.
I’robnya
hamdalah silahkan klik di sini.
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ النَّبِيِّ وَاَلِهِ
الطَّاهِرِيْنَ وَصَحَابَتِهِ اَجْمَعِيْنَ.
مُحَمَّدِ |
النَّبِيِّ |
وَ |
اَلِهِ |
الطَّاهِرِيْنَ |
Yaitu nabi muhammad |
Yang menjadi nabi |
Dan |
Keluarga nabi |
Yang orang suci semuanya |
اسم معرفة، موصوف، علم منقول |
اسم معرفة، صفة |
حرف عطف |
معطوف
عليه، معرفة، موصوف، اسم جمع |
اسم معرفة، صفة، جمع مذكر سالم |
محَمَّـدٍ selain menjadi badal dari lafadz سَيِّـدِنَا , محَمَّـدٍ juga menjadi maushuf ( yang dishifati )
sedangkan shifatnya adalah اَلنَبِيِّ .
Apa
pengertian shifat dalam ilmu nahwu ?
Ialah isim yang mengikuti I’rob
sebelumnya yang menerangkan sebagian shifat dari isim yang diikuti. dasaranya
فَاالـنَّـعْـتُ تَابِــعٌ مُـتِـمٌّ
مَـاسَــبَقْ # بِـوَسْــمِهِ
اَوْ وَسْــــمٍ مَـا بِــهِ اعْـتَــلَقْ
Isim menerangkan sebagian sifat # Dari
isim sebelumnya sebut Na’ats
Shifat termasuk sebagian dari isim yang mengikuti I’rob sebelumnya dasarnya klik يَتْبَـعُ فِي الْإِعْـرَبِ .
Lafadz
اَلنَبِيِّ dibaca jer ( Al- nabiyyi ) tanda jernya dengan kasroh
sebab isim mufrod. dasarnya jer kasroh klik
فَارْفَـعْ بِضَـمٍّ .
اَلنَبِيِّ dibaca jer ( kasroh ) karena mengikuti lafadz
sebelumnya yang dibaca jer yaitu lafadz محَمَّـدٍ yang mejadi مَوْصُـوْفٌ ( yang dishifati ).
Shifat dan yang dishifati ( maushuf ) harus sama dalam
4 hal yaitu harus sama dalam makrifat / nakirohnya, mudzakkar / muannatsnya,
mufrod / mutsanna / jamaknya, rofa’ / nashob / jernya. dasarnya klik وَلْيُعْـطَ فِي التَّعْـرِيْفِ .
صِفَـةْ |
مَوْصُوفْ |
النّبـيِّ |
محمّـدٍ |
معـرفة |
معـرفة |
مذكر |
مذكر |
مفـرد |
مفـرد |
جـر |
جـر |
محَمَّـدٍ makrifat sebab nama dasarnya klik وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ .
اَلنَّبْـيِّ makrifat
karena adanya al, dasar secara khusus makrifat dengan al klik اَلْ حَـرْفُ تَعْـرِيْفٍ
.
محَمَّـدٍ dan اَلنَّبِـيِّ sama – sama mudzakkar sebab tidak ada tanda –
tanda muannats. untuk tanda – tanda muannats klik عَلاَمَةُ التَّائْنِيْثِ .
محَمَّـدٍ dan اَلنَّبِـيِّ sama mufrodnya ( menunjukkan arti satu ) dan
tidak diakhiri انِ, يْنِ, وْنَ، يْنَ, ات .
محَمَّـدٍ jer maka lafadz اَلنَّبِـيِّ juga harus dibaca jer. sebab dalam shifat dan
maushuf harus sama.
Dengan demikian maka kita telah
ketahui bahwa shifat dan maushufnya itu harus sama dalam 4 keadaan di atas. dan
sudah tentu bahwa kedua shifat dan maushuf itu adalah isim. baik karena
bertanwin atau ber-I’rob jer sebagaimana lafadz محَمَّـدٍ begitu juga lafadz اَلنَّبِـيِّ isim sebab al atau ber-I’rob jer. tanda isim
selengkapnya klik di sini.
اَلنَبِيِّ menurut
rumus A2 amtsilati adalah bukan isim fa’il, bukan isim maf’ul dan juga bukan
mashdar ( tidak sesuai dengan rumus wazan2 tersebut ). maka yang menentukan
adalah kamus.
اَلنَبِيِّ termasuk
lafadz yang ditentukan yaitu jamid.
Semoga mudah difahami barokah dan
bermanfaat.
Kritik,
saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:
0852 5971
7000
Penulis: Moh Mahfudz Rozy
Support
dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY
TAG:
#MUQODDIMAH #SAFINATUNNAJA #KITABKUNING #MUDAHBELAJARKITAB #ALFIYAH #NAHWU #MUBTADA #KHOBAR #SHIFAT #TAQRIB #TERJEMAHKITAB