BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Selamat hari raya idul fithri 1 Syawal 1445 H. Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Rabu, 14 Februari 2024

KITAB MATAN AJRUMIYAH TERJEMAH BAHASA INDONESIA ( TANDA - TANDA ISIM )

Bondowoso, Amtsilati.com

TANDA – TANDA KALIMAT ISIM ( AJRUMIYAH )

 

فَالْإِسْمُ يُعْرَفُ بِالْخَفْضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ الْأَلِفِ وَاللَّامِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ وَهِيَ مِنْ وَإِلَى وَعَنْ وَعَلَى وَفِيْ وَرُبَّ وَالْبَاءُ وَالْكَافُ وَاللَّامُ وَحُرُوْفُ الْقَسَمِ وَهِيَ الْوَاوُ وَالْبَاءُ وَالتَّاءُ.

Artinya:

Maka Adapun isim itu dapat dikenali ( diketahui ) dengan beri’rob jer dan tanwin dan masuknya alif dan lam ( al ) dan beberapa huruf jer.

Dan Adapun huruf jer itu berupa min dan ila dan ‘an dan ‘ala dan fi dan rubba dan dan ba’ ( bi ) dan kaf ( ka ) dan beberapa huruf qosam ( sumpah ).

Adapun huruf qosam itu berupa wawu dan ba’ dan ta’.

Penjelasan:

Baca juga: 

- Bab kalam

- Pembagian kalimat

Kalimat isim dapat kita ketahui dengan :

1. Beri’rob jer baik karena

1.1. Berada setelah huruf jer seperti بِسْمِ اللَّهِ lafadz اِسْمِ dibaca kasroh ( beri’rob jer ) sebab berada setelah huruf je yaitu bi, maka lafadz اِسْمِ adalah kalimat isim sebab beri’rob jer.

1.2. Menjadi mudlof ilaih seperti بِسْمِ اللَّهِ lafadz اَللَّهِ dibaca jer ( kasroh ) karena menjadi mudlof ilaih dari pada lafadz بِسْمِ , maka lafadz اَللَّهِ kalimat isim sebab beri’rob jer.

1.3. Mengikuti i’rob lafadz sebelumnya yang dibaca jer seperti lafadz بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ lafadz اَلرَّحْمَنِ dibaca jer ( kasroh ) sebab mengikuti lafadz sebelumnya yang dibaca jer yaitu lafadz اَللَّهِ mengikuti sebab menjadi shifat ( keterangan berikutnya bab shifat / na’at ), maka lafadz اَلرَّحْمَنِ adalah kalimat isim karena ber-i’rob jer.

2. Tanwin seperti بَيْتٌ، بَيْتًا، بَيْتٍ .

3. Diawali alif dan lam ( al ) seperti اَلْعِلْمُ، اَلدَّفْتَرُ .

4. Diawali huruf jer seperti بِسْمِ maka lafadz اِسْمِ adalah kalimat isim karena diawali huruf jer yaitu bi. Dengan demikian tanda isim yang terdapat pada lafadz اِسْمِ ada dua 1) diawali huruf jer ( bi ), 2) ber-i’rob jer sebab berada setelah huruf jer ( bi ).

 

Adapun huruf – huruf jer itu :

مِنْ، إِلَى، عَنْ، عَلَى، فِيْ، رُبَّ، بِ، كَ، لِ.

Sedangkan huruf qosam ( kata sumpah ) itu adalah وَ، بِ، تَ .

Keterangan:

- مِنْ apabila bergandeng dengan al maka nun-nya diberi harokat fathah seperti ( مِنَ الْمَدْرَسَةِ، مِنَ السَّمَاءِ ) .

- عَنْ jika bertemu al nun-nya diberi harokat kasroh seperti lafadz عَنِ الْمُنْكَرِ، عَنِ النَّهْيِ .

- إِلَى، عَلَى apabila bergandeng dlomir muttashil alifnya diganti ya’ seperti إِلَيْهِ، إِلَيْهِمَا، إِلَيْهِمْ، عَلَيْهِ، عَلَيْهِمَا، عَلَيْهِمْ .

- Wa huruf jer adalah yang bermakna sumpah seperti وَاللَّهِ ( demi allah ), sedangkan di dalam alquran terdapat di awal – awal suroh seperti :

وَالْفَجْرِ، وَالشَّمْسِ وَ ضُحَهَا، وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ، وَالضُّحَى، وَالتِّيْنِ، وَالْعَصْرِ.

- Begitu juga dengan huruf qosam bi ( bermakna sumpah ) seperti بِاللَّهِ ( demi allah ).

- Ta bermakna sumpah seperti تَاللَّهِ demi allah.

- Semua huruf jer berada di depan kalimat seperti بِالْغَيْبِ huruf jernya adalah bi yang awal bukan yang akhir.

 

Latihan:

مِنَ الْمَسْجِدِ ( dari masjid )

اَلْمَسْجِدِ adalah kalimat isim karena diawali huruf jer berupa مِنْ .

 

Kunjungi:

YT/FB: MOH MAHFUDH ROZY

IG/TIKTOK/SNACK VIDEO : MAHFUDHROZY

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Jangan lupa follow. Terima kasih

 

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 atau via aplikasi dana dengan nomor 0852 5971 7000 an. MOH MAHFUDZ ROZY.

TAG: #ajrumiyah #kalam #nahwu #lafadz #belajarkitab #kitabkuning #isim #fiil #huruf #metode #bacakitab #tanda #kalimat #alfiyah #imrithi

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *