MUQODDIMAH KITAB TAQRIB KE7
بسم الله الرحمن
الرحيم
I’robnya
basmalah silahkan klik di sini.
I’robnya
hamdalah silahkan klik di sini.
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ النَّبِيِّ وَاَلِهِ
الطَّاهِرِيْنَ وَصَحَابَتِهِ اَجْمَعِيْنَ.
وَ |
صَحَابَتِهِ |
اَجْمَعِـيْنَ |
Dan |
Para sahabatnya |
Semuanya |
حرف عطف |
اسم معرفة |
توكيـد |
وَصَحَابَتِهِ
اَجْمَعِيْنَ
Artinya: dan para sahabatnya semuanya ( semua sahabat
nabi )
Uraian
berikutnya merupakan ujung dari pada muqoddimah kita taqrib, yaitu lafadz اَجْمَعِـيْنَ .
اَجْمَعِـيْنَ lafadz taukid ( termasuk isim yang
mengikuti I’rob lafadz sebelumnya ) . dasarnya
يَـتْـبَعُ
فِيْ الْإِعْــرَابِ الْأَسْمَاءَ الْأُوَلْ # نَـعْـتٌ
وَتَـوْكِـيْدٌ وَعَـطْفٌ وَبَــدَلْ
Yang ikut
pada isim yang dulu empat # Yaitu Taukid ‘Athaf Badal dan Na’at
اَجْمَعِـيْنَ lafadz
taukid. dasarnya
وَبَـعْـدُ كُلٍّ اَكَّـدُوْ بِأَجْــمَعَــا # جَــمْعَــاءُ اَجْمَعِـيْنَ ثُـمَّ جُـــمَعَــا
وَدُوْنَ كُلٍّ قَـدْ يَجِيْءُ اَجْـمَــــعُ # جَــمْعَـــاءُ اَجْمَعُوْنَ ثُـمَّ جُـمَـعُ
Lafadz taukidاَجْــمَـعُ danاَجْـمَعُـوْنَ # Danجَمْـعَــاءُ juga lafadz
اَجْــمَعِــيْنَ
اَجْمَعِـيْنَ sebagai taukid dari pada lafadz صَحَابَةِ. karena
lafadz صَحَابَةِ jer maka lafadz اَجْمَعِـيْنَ juga jer. tanda jernya dengan ya’ sebab
mulhaq jamak mudzakkar salim. dasarnya
وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَااجْرُرْ وَانْصِبِ #
سَالِمَ جَمْعِ عَامِرٍ وَمُذْنِبِ
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ عِشْرُوْنَ #
وَبَابُهُ اُلْحِقَ وَالْأَهْلُوْنَ
أُولُوْا وَعَالَمُوْنَ عِلِّيُّوْنَ #
وَأَرَضُوْنَ شَدَّ وَالسِّنُوْنَ
Jamak
mudzakkar dan mulhaq nashab ya’ nun # Rofa’nya wawu nun dan jar dengan ya’ nun
اَجْمَعِـيْنَ nun-nya adalah nun jamak ( dibaca fathah ).
dasarnya
وَنُوْنَ
مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ # فَافْتَحْ وَقَلَّ مَنْ بِكَسْرِهِ نَطَقْ
وَنُوْنُ
مَا ثُنِّيَّ وَالْمُلْحَقِ بِهْ # بِعَكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوْهُ فَانْتَبِهْ
Nun jamak
dan mulhaqnya bacanya fathah # Nun tatsniyah dan mulhaqnya baca kasroh
اَجْمَعِـيْنَ adalah isim, tandanya bisa ber-I’rob jer.
ber-I’rob sebab mengikuti lafadz sebelumnya yang dibaca jer yaitu lafadz صَحَابَةِ . dasarnya
isim
بِالْجَرِّ
وَالتَّنْوِيْنِ والنِّدَا وَاَلْ # وَمُسْنَدٍ
لِلْإِسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
Tanda isim
dengan jer tanwin Al nida’ # dan musnad ilaih contoh fa’il mubtada
Demikian yang dapat kami urai
muqoddimah taqrib ini yang dilengkapi dengan dasar atau pegangan hukum nahwunya
dengan menggunakan nadham alfiyah ibnu malik plus terjemah versi metode
amtsilati.
Bagi yang ingin mengulang lagi atau
ingin mengikuti dari awal silahkan kunjungi masing – masing link di bawah ini
Muqoddimah taqrib ke1 : klik di sini
Muqoddimah taqrib ke2 : klik di sini
Muqoddimah taqrib ke3 : klik di sini
Muqoddimah taqrib ke4 : klik di sini
Muqoddimah taqrib ke5 : klik di sini
Muqoddimah taqrib ke6 : klik di sini
Semoga apa yang kami tulis dan yang
kita pelajari bersama dapat membantu para pemula dalam belajar kaidah nahwu
sehingga lebih mudah memahaminya, bermanfaat dan barokah. Aaamin
Kritik,
saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:
0852 5971
7000
Penulis: Moh Mahfudz Rozy
Support
dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY
TAG:
#MUQODDIMAH #TAQRIB #KITABKUNING #MUDAH #ALFIYAH #IBNUMALIK #NAHWU #ILMU #SANTRI #PEMULA #BAROKAH #MEMBACA #KITAB #BELAJARKITAB #MEMBACAKITABKUNING #CARACEPATBACAKITAB