BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Selamat hari raya idul fithri 1 Syawal 1445 H. Pondok Pesantren Takhasshush DARUL KHIDMAH Beddian Jambesari Darussholah Bondowoso Jawa Timur. Belajar amtsilati online/offline 0852 5971 7000, yt: moh mahfudh rozy, follow/ikuti: ig/tk/snackvideo: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Jumat, 04 Maret 2022

Dlomir dan kemabniannya ( materi amtsilati jilid 1 bab II )

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين و اله وصحبه اجمعين، ولا حول ولاقوة إلا بالله العليّ العظيم.

Materi amtsilati jilid satu bab 1 terdapat beberapa pembahasan:

Pengenalan huruf – huruf jar dilanjutkan pengaruhnya

- Pada kata tunggal yang Al dan yang tidak Al-nya

- Pada kata yang ahkirnya berupa huruf ‘illat

- Pada kata yang bentuknya jamak mudzakkar salim atau mulhaqnya

- Pada gabungan dua kata atau lebih mudlaf ilaih yang ada Al-nya dan yang tidak ada.

Semua materi tersebut harus faham dan hafal berikut dasar – dasarnya ( nadhamnya ), agar lebih mudah saat belajar pada bab atau jilid – jilid berikutnya. silahkan pelajari di bukunya dengan secara urut.

Kunjungi video playlist:

KBM Amtsilati

Amtsilati Jilid 1 2020

Amtsilati Jilid 1

Amtsilati Jilid 2

Amtsilati Jilid 3

Amtsilati Jilid 4

Amtsilati jilid 5

 

Foto: Santri pondok pesantren BAHRUL ULUM kampung Sawit Permai kec. Dayun kab. Siak Prov. Riau dalam pelatihan metode amtsilati bersama penulis

Buatlah latihan – latihan baik saat membaca Al-Quran, kitab atau lafadz apa saja dengan pembahasan atau uraian yang sudah dipelajari.

Mari kita lanjutkan materi berikutnya bab II jilid satu amtsilati, yaitu pengenalan dlomir – dlomir. ini juga harus hafal dari semua dlomir dan bagian – bagiaanya, munfashil dan munfashilnya, serta mahalnya ( kedudukannya ). karena materi ini nanti akan dibahas juga pada jilid dua dalam menentukan isim ma’rifat.

Dlomir adalah kata ganti, ada yang khusus digunakan untuk laki – laki atau lafadz yang mudzakkar, adapula yang khusus untuk perempuan atau lafadz yang muannats. semua dlomir hukumnya mabni atau tetap. dasarnya

وَكُلُّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ  #  وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ

Semua dlomir juga mabni hukumnya  #  Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya

Perlu juga diketahui oleh semua pengguna amtsilati, bahwa contoh yang tidak diberi itu ada dua kemungkinan, ada pada materi yang sedang menjadi pembahasan atau sudah dibahas materi sebelumnya.

Jika terdapat contoh yang sudah selesai pembahasannya, maka diulas lagi dengan uraian yang sesuai dengan materi sebelumnya. dengan cara ini peserta pemula akan semakin hafal dan faham. sebagaimana di bab dlomir halaman 16 jilid satu terdapat  contoh ayat

وَهو على كُلّ شَيْء قَدِيْرٌ

هو   tanpa harokat ( sedang dalam pembahasan )

على tanpa harokat ( sudah dibahas jilid satu bab huruf jar )

كُلّ  lamnya tanpa harokat (sudah dibahas jilid satu bab mudlaf )

شَيْء Hamzahnya tanpa harokat ( sudah dibahas bab mudlaf – mudlaf ilaih )

Semacam ini kita urai kembali sambil melatih kemampuan para pemula dalam belajar nahwu.

Contoh uraian   وَهو على كُلّ شَيْء قَدِيْرٌ 

هو adalah dlomir munfashil untuk mufrod mudzakkar ghaib

Semua dlomir hukumnya mabni, dasarnya

وَكُلُّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ  #  وَلَفْظُ مَا جُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ

Semua dlomir juga mabni hukumnya  #  Lafadz jarnya seperti lafadz nashabnya

هو mabni fathah

على adalah huruf jar, dasarnya

هَاكَ حُرُوْفَ الْجَرِّ وَهْيَ مِنْ إِلَى # حَتَّى خَلاَ حَاشَا عَدَ فِيْ عَنْ عَلِى

مُذْ مُنْذُ رُبَّ اللاَّمُ كَيْ وَاوٌ وَ تَــا # وَالْكـَافُ وَ الْبَـا وَلَعَــــــــلَّ وَ مَتَى

Huruf jar itu berupa min dan ilaa # Hatta khalaa hasyaa ‘adaa fii ‘an ‘alaa

Mudz mundzu Lam dan Kay wawu dan Ta # Huruf Kaf dan Ba dan La’alla dan Mata

Semua huruf termasuk huruf jar hukumnya mabni, dasarnya

وَكُلُّ حَــرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَــا # وَالْأَصْــلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَـــــــكَّنَ

Dan semua huruf hukumnya mabni # Sukun jadi tanda aslinya mabni

على mabni sukun

كُلِّ lafadz setelah huruf jar, hukumnya jar atau majrur ( dijarkan oleh على ) tanda jarnya kasroh. dasarnya

فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرّ  #  كَسْرًا كَذِكْرُاللهِ عَبْدَهُ يَسُرّ

وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ  #  يَنُوْبُ نَحْوُ جَااَخُوا بَنِيْ نَمِر

Rofa’ dlommah nashab fathah jazem sukun # Jar kasroh dzikirlah Allah dengan tekun

كُلِّ tanpa Al dan tanpa tanwin karena menjadi mudlaf dari pada lafadz  شَيْءٍ  , dasarnya

نُوْنًا تَلِي الْإِعْرَابَ اَوْ تَنْوِيْنَا  #  مِمَّا تُضِيْفُ اخْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا

وَالثَّانِيَ اجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ فِيْ إِذَا  #  لَمْ يَصْلُحْ إِلاَّ ذَاكَ وَاللَّامَ خُذَا

Nun tanwin yang jadi mudlaf dibuang # mudlaf ilaih jar dan al mudlaf dibuang

Idlafah harus menyimpan maknanya Fi # Atau maknya Min dan maknaya Li

شَيْءٍ dibaca jar karena menjadi mudlaf ilaih dari pada lafadz  كُلِّ , mudlaf ilaih hukumnya jar. dasarnya

نُوْنًا تَلِي الْإِعْرَابَ اَوْ تَنْوِيْنَا  #  مِمَّا تُضِيْفُ اخْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا

وَالثَّانِيَ اجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ فِيْ إِذَا  #  لَمْ يَصْلُحْ إِلاَّ ذَاكَ وَاللَّامَ خُذَا

Nun tanwin yang jadi mudlaf dibuang # mudlaf ilaih jar dan al mudlaf dibuang

Idlafah harus menyimpan maknanya Fi # Atau maknya Min dan maknaya Li

شَيْءٍ dengan tanwin karena tidak ada Al. dasarnya

وَيُخْذَفُ التَّنْوِيْنُ فيِ الْإِسْمِ إِذَا  # دَخَلَ فِيْهِ اَلْ وَبِالْعَكْسِ كَذَا

Isim jika ada Al tanwin dibuang #  Bila tidak ada Al tanwin dipasang

 

Artikel terkait:

Biografi Penemu dan Penyusun Metode Amtsilati

Petunjuk mempelajari metode amtsilati

Cara pembelajaran metode amtsilati

 

Demikian contoh uraian dalam mengulas kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Semuga dapat membantu bagi pemula dalam belajar ilmu nahwu. mohon koreksi atas segalanya agar tidak menyesatkan. besar harapan semuga bermanfaat dan barokah. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *