BELAJAR AMTSILATI

iklan

TEAT

Pembelajaran / pelatihan online atau offline silahkan hubungi 0852 5971 7000 an. Moh Mahfudz Rozy, yt/fb: moh mahfudh rozy, tiktok/ig: mahfudhrozy, fb: amtsilati indonesia

Minggu, 22 Januari 2023

Cara mudah belajar kitab kuning

Bondowoso, Amtsilati.com

Cara mudah belajar kitab kuning

Metode amtsilati jilid 1 pengenalan huruf jer

KItab kuning atau yang terkenal dengan sebutan kitab gundul merupakan kitab klasik yang dalam membacanya sangat diperlukan menguasai ilmu nahwu dan shorfiyah serta I’lal. kedua ilmu tersebut yaitu nahwu dan shorf pada awalnya atau pada era dahulu dikenal paling sulit sehingga tak jarang yang merasakan tantangan di dalam belajarnya.

Alhamdulillah insya-allah pada tahun 2002 ( selengkapnya klik di sini ) telah ditemukannya sebuah metode praktis, mudah, cepat serta sistematis dalam memahami ilmu nahwu dengan menggunakan metode amtsilati yang disusun oleh K.H. TAUFIQUL HAKIM pengasuh pondok pesantren darul falah dusun bangsri jepara jawa tengah.

Sebelum melanjutkan materi metode amtsilati mari kita kenali dahulu ilmu nahwu dan apa yang menjadi pembahasannya.

Apa saja yang mejadi pembahasan ilmu nahwu ?

Dalam hal ini ada beberapa pendapat yang memberikan pengertian imu nahwu ini. namun pada pokoknya adalah ilmu yang dapat menentukan atau mengetahui kalimat mu’rob ( dapat berubahnya akhir kalimat disebabkan beberapa hal ) atau dapat mengetahui mabni ( tidak dapat berubahnya sebuah kalimat ).

Lalu apa yang dinamakan mu’rob ?

Adalah berubahnya akhir kalimat karena hal yang berbeda – beda.

Seperti lafadz baitun  ( بَيْتٌ )  dapat berubah baitan  بَيْتًا ) ( atau bahkan dapat menjadi baitin  بَيْتٍ ) ( sesuai dengan yang mempengaruhinya.

Apa yang dinamakan mabni ?

Adalah tidak dapat berubahnya sebuah kalimat karena beberapa sebab.

Kalimat mabni ini ada yaitu 3 dlomir, isyaroh, maushul yang semuanya ada dasar atau dalil – dalil kemabniannya begitu juga disebutkan bentuk kemabniannya. seperti dhomir hukumnya mabni dasarnya klik  وَ كُلُّ مُضْمَـرٍ , isyaroh mabni dasarnya klik  كَا لشَّبَـهِ الْوَضْعِيِّ   sedangkan isim maushul mabni dasarnya klik  وَكَنِيَابِـةٍ .

Kiranya dari beberapa keterangan di atas sudah dapat mengetahui apa yang menjadi tujuan dari sebagian ilmu nahwu.

Kembali pada judul di atas yaitu metode amtsilati jilid 1 dalam mengenalkan huruf – huruf jer. di mana huruf – huruf jer itu adalah bagian dari sebab dapat berubahnya akhir kalimat. artinya lafadz atau kalimat apapun dan bagaimanapun bentuknya apabila berada setelah huruf jer maka berhukum jer ( majrur ).

Dengan demikian kita harus mengenal apa saja huruf – huruf jer itu. metode amtsilati membahasnya huruf ini pada awal jilid dari lima jilid, tepatnya jilid 1 bab 1 yang dilengkapi dengan nadhom alfiyah ibnu malik sebagai dasarnya ( sandaran hukumnya ).

Perlu diketahui bahwa dalam belajar ilmu nahwu dengan metode amtsilati ini hendaklah secara berurutan baik dalam jilid atau babnya. agar mudah dalam memahaminya sebab antar jilid selalu berkaitan.

Kemudian mari kita pelajari bersama apa saja huruf – huruf jer itu ?

Huruf – huruf jer adalah:

مِـنْ، إِلَى، حَتَّى، خَلَا، حَاشَا، عَدَا، فِيْ، عَـنْ عَلَى، مُذْ، مُنْذُ، رُبَّ، لِ، كَيْ، وَ، تَ، كَ، بِ، لَعَلَّ، مَتَى

Dasarnya klik  هَاكَ حُـرُوْفَ الْجَـرِّ , semua huruf termasuk huruf jer hukumnya mabni atau tetap. dasar kemabnian huruf klik  وَكُلُّ حَـرْفٍ . setiap lafadz yang berada setelah huruf jer hukumnya jer, tanda jer aslinya adalah harokat  kasroh dasarnya klik  فَارْفَـعْ بِضَـمٍّ .

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan barokah bagi kami dan orang yang mempelajarinya. Aaamiin

 

*Miliki bukunya dan pelajari isinya.

*Jamak pada artikel berikutnya

Kritik, saran, tanggapan anda bisa anda tulis di kolom komentar atau via wa:

0852 5971 7000

Penulis: Moh Mahfudz Rozy

Support dakwah dengan infaq: BSI Rek 1177974474 an. MOH MAHFUDZ ROZY

About Us

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *